Prof. Yuwono: Covid-19 Mereda (blow over), Hilanglah Confusion (Kebingungan, Kekacauan, Kekeliruan)


Covid-19 Mereda (blow over), Hilanglah Confusion (Kebingungan, Kekacauan, Kekeliruan)

Data dan penjelasan ilmiah:

(1) Kerentanan ditentukan faktor genetik, penduduk Amerika dan Eropa rentan 69%, India-Pakistan-Banglades-Burma 14%, China 7%, Afrika 4%, Kepulauan Pasifik 2%, Asia Tenggara 1,8%, sisanya lain-lain.

(2) Covid-19 mudah menyebar karena mutasi pada gen polimerase (pengganda RNA) tetapi tidak ganas karena bukan pada gen virulensi seperti gen S.

(3) Fatalitas/tingkat kematian 4 - 6%

(4) Sekitar 70% yang positif Covid19 tanpa gejala (asymptomatic), 29% sakit ringan sampai dengan sedang, dan 1% sakit berat.

(5) Tingkat kesembuhan sudah 70% lebih yang berarti imunitas pada masyarakat relatif sudah lebih baik.

(6) Fakta di lapangan saat ini jumlah yang dirawat di rumah sakit tinggal 10-20% dibanding bulan Juni-Juli.

(7) Aktifitas outdoor (aliran udara dan sinar matahari bagus) menambah imunitas sekaligus memproteksi dari droplet (droplet atau tetesan kecil yang tersembur ketika batuk atau bersin dan mengandung partikel virus).

Well...masihkah kita murung dalam pandemi ini? Atau kita move on seperti Mohamad Salah, Sadio Mane, CR7, Messi dan para pembalap moto GP yang terus berlaga demi nafkah dan karier.

Mereka sehat dan semestinya kita pun sehat serta berperilaku seperti mereka, bukan mikirin Covid mulai bangun tidur sampai ke alam mimpi dan WHO serta perusahaan farmasi berlomba-lomba rebutan cuan (hari ini Rusia nawarin kandidat vaksin ke RI).

Kita bisa bertahan dan melalui pandemi sejauh ini karena pertolongan Allah, ...masihkah ragu akan iman dan usaha yang didasari ilmu? Saya pilih waspada, yakin dan optimis.

27 Agustus 2020

(Prof. Yuwono)
Covid19 mereda (blow over), hilanglah confusion (kebingungan,kekacauan,kekeliruan)! Data & penjelasan ilmiah:Kerentanan...
Dikirim oleh Prof. Yuwono pada Kamis, 27 Agustus 2020
loading...