Para Kepala Negara Mengeluh Pada Trump, Erdogan Keras Kepala


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Senin bahwa para pemimpin dunia telah meminta bantuannya soal Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, karena dia mengklaim bahwa pemimpin Turki hanya akan mendengarkannya.

"Para kepala negara minggu lalu mereka menelepon saya, 'bisakah Anda menelepon Erdogan?'" Kata Trump selama wawancara Fox News, mengutip para pemimpin dunia yang tidak dia sebutkan.

Trump mengatakan dia bertanya kepada para pemimpin yang dirahasiakan mengapa dia harus menjadi orang yang berbicara dengan presiden Turki, di mana Trump mengatakan mereka menjawab, "'Kaulah satu-satunya yang akan dia dengarkan. Dia tidak mendengarkan kami. Kamu 'adalah satu-satunya.'"

"Saya berkata, 'Apakah itu karena (kami) Amerika Serikat?' Dia mengatakan 'tidak, itu karena kamu. Itu karena kepribadianmu. Kamu satu-satunya yang akan dia dengarkan,'" kata Trump. "Saya tidak suka mengatakan ini di depan umum, tetapi kebetulan itu benar. Saya akrab dengannya dan dia mendengarkan."

Tidak jelas pemimpin mana yang dirujuk Trump selama wawancara telepon, tetapi panggilan itu datang di tengah ketegangan yang meningkat di Mediterania timur yang melibatkan beberapa sekutu AS, termasuk Turki, Yunani, Prancis, dan Mesir. Kemarin diketahui Trump sempat berbicara kepada Emmanuel Marcon.

Trump menyebut Erdogan sebagai "world class chess player", pemain catur kelas dunia, untuk menggambarkan sepak terjang Erdogan di dunia internasional.

[Video]
Sumber: Anadolu Agency