N-250 Dimuseumkan, Kerugian Bagi Bangsa Ini


N-250 Dimuseumkan, Kerugian Bagi Bangsa Ini

Catatan: Muhamad Ilham

Tahun 1995,
Saat itu kelas 3 SD, lewat tivi toshiba gw lihat peristiwa yang gue inget sampe sekarang. Pesawat N-250, Soeharto, dan BJ Habibie. You know, nama gue ilham asalnya darimana? Waktu itu bokap gue di tahun 1986 seneng banget sama sosok BJ Habibie, dan kebetulan BJ Habibie punya anak yang sama pinternya bahkan IQ nya dikabarkan lebih tinggi dari bapaknya. You know, nama anak itulah yang kini jadi nama gue, Ilham Habibie. Jadilah Muhamad Ilham, kenapa di Muhamad M nya cuma satu nanti gue ceritain di waktu lain, haha.

Ilham Habibie ini jadi inspirasi bokap gue, biar gue kelak jadi sepintar Habibie, pada saat itu, Thanks Pap, wkwkwk. Walau saat dimasa dewasa, gue belum sepintar dan sejenius Habibie, atau tidak ikutin jejak Habibie berkutat di teknik pesawat, setidaknya gue pernah kerja yang berangkat dan pulangnya naik pesawat, hahaha.. alhamdulillah.

Belakangan Pak Ilham Habibie ini gue temukan di Linkedin, dan gue add. Mungkin suatu saat gue akan temui beliau, sambil kasih salam dari bokap gue, aamiin. Kalo gak salah beliau tinggal di Singapura.

Pesawat N-250 saat gue kecil itu jujur kurang wow2 banget, soalnya saat kelas 3 SD itu gue melihat pesawat yang lebih keren, kayak pesawat star trek, helikopter airwolf, motor belalang tempur, haha.

Tapi jujur, gue inget saat itu gue bangga banget jadi anak Indonesia, gue suka ngayal ketemu sama Presiden Soeharto, yang Allah akhirnya kabulkan ketemu dengan Presiden, tapi bukan Soeharto, yakni SBY. Ketemunya pun bukan didalam istana, tapi di jalan juang demonstrasi dalam aksi2 penolakan kenaikan harga BBM selama 2005 kalo gak salah, hahaha. Tapi kalo sama Presiden PKS pernah sekali salaman sama ustadz Hidayat Nur Wahid.

Belakangan gue baru ngerti bahwa N-250 sebenarnya aset termahal bangsa Indonesia, kata temen gue yang berkecimpung di industri pesawat terbang. N-250 adalah anugerah bagi bangsa ini, karena BJ Habibie telah berhasil menciptakan engine pesawat sendiri, sekali lagi sendiri. Hak paten dalam mesin pesawat saat ini dikuasai oleh 2 raksasa korporasi pesawat GE (General Electric) dan Air Bus, dan jarang Negara punya lisensi teknologi Pesawat. Karena risetnya yang mahal dan blokade sistemik dari hegemoni industri pesawat. Artinya lewat BJ Habibie berhasil memiliki teknologi pesawat sendiri yang negara2 lain jarang miliki. Allahu Akbar

Demi mendengar kabar itu, gue jadi geram. Gue jadi mau balik kuliah lagi, ambil teknik pesawat, lalu pergi ke jerman, ikutin jejak Habibie. Tapi berhubung gue saat itu lagi bekerja di Bank Syariah, dan sedang dikejar target review Pembiayaan, dimana kalo gak kelar target sales gak tercapai, dan gue gak dapet bonus 3 s.d dgn 11 kali gaji setiap tiga bulan. Akhirnya gue urungkan ide gila itu, hahaha.

Njirr, kenapa gak bilang sih dulu Habibie, kalo pesawatnya itu seluruh teknologinya milik Indonesia yang Negara2 lain sangat jarang miliki. BJ Habibie pendiem banget sih, ah.. nyesel gue. Sini deh, kasih gue blue print pesawatnya lagi. Siapa tahu kalo gak gue, si Azzam anak kedua gue yang lanjutin.

Hari ini, akhirnya setelah 25 tahun berlalu. Kabarnya N-250 dimuseumkan. Gue bilang, kerugian bagi bangsa ini, asli. Gue emang bukan orang teknik pesawat, tapi gue tahu industri pesawat itu industri menjanjikan. Gue bisa bantu itungan HPP (Harga Pokok Produksi) Pesawat, lalu menentukan Formula Pricingnya, lalu buat financial modelling bisnisnya untuk 5, 10, 30 tahun sekalian dan gue bisa bantu itungin keuntungan industri pesawat ini, dan gue pastiin kasih keuntungan buat bangsa ini. Pesawat is high tech and high profit Industri, jangan cuma mikir di industri komersial, coba bayangkan di industri militer. Berapa banyak Negara butuh pesawat Militer, belum yg dengan awak dan tanpa awak, setiap tahun.

Ilham Habibie, BJ Habibie. Insya Allah adalah tokoh2 langka bangsa ini, jika kebanyakan pengusaha menurunkan perusahaan kepada anak2nya, atau kebanyakan pejabat aktif menurunkan kekuasaan kepada anak2nya, menantu2nya, besannya, iparnya, kalo kucing bisa mungkin juga kucingnya dicalonkan, haha. Tidak dengan keluarga BJ Habibie dan Ibu Ainun Allahu yarham, 2 sosok ini menjadi inspirasi bagi bangsa ini. lewat film Ainun nya.. beliau2 bikin susah para suami yang istrinya baperan, seraya meminta suaminya sesetia beristri satu seperti almarhun BJ Habibie, haha.

BJ Habibie menurunkan ilmu dan adab kepada anak2nya. sehingga mereka jaya dengan otak dan karakternya yang kaya, bukan seperti yang pura2 jualan martabak tapi aslinya komisaris batubara.

BJ Habibie, sebuah nama yang menginspirasi, Baharudin Jusuf Habibie, nama yang sangat baik, tolong jangan dikaitkan sebagai Kadrun atau nama radikal lainnya. Ini adalah nama asli Indonesia, Tokoh Dunia asli Indonesia, dan Ilmuwan Pencipta N-250 asli buatan Indonesia.

N-250 Tetaplah Terbang dan Jayakan Negeri ini, Mimpi Kami tidak Mati.. aamiin

Muhamad Ilham
Bekasi, 19 Agustus 2020


loading...