Kebebasan Berpikir Tumbuh Sehat, IPB Pantas Raih Peringkat Satu Peguruan Tinggi Terbaik 2020


[PORTAL-ISLAM.ID] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menobatkan, Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai peringkat pertama klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020.

Atas prestasi tersebut, apresiasi bermunculan baik dari kalangan mahasiswa, alumni IPB, maupun pihak luar kampus. Salah satunya dari Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof Jimly Asshiddiqie yang mengatakan setuju dengan penilaian dari Kemendikbud.

"Ini merupakan kinerja pimpinan dan segenap dosen juga mahasiswa untuk kemajuan IPB sebagai Best University atau Universitas Terbaik di Indonesia tahun 2020. Saya sangat mendukung dengan penilaian dari pemerintah," ucap Jimly kepada wartawan, Kamis (20/8/2020).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menuturkan, hingga kini IPB dinilainya bersih dari berbagai muatan maupun unsur politik. Justru yang berkembang adalah toleransi terhadap aneka perbedaan pendapat.

"Iklim toleransi terhadap aneka perbedaan pendapat di IPB tumbuh sehat sebagai syarat penting berkembangnya kretivitas ilmiah dan inovasi," ujarnya.

Dirinya menegaskan, IPB juga merupakan salah satu kampus yang telah mengimplementasikan merdeka belajar secara ideal. Diharapkan, ke depan menjadi contoh bagi kampus swasta maupun negeri di Indonesia.

"Kebebasan berpikir tumbuh sehat di IPB, ini merupakan salah satu kampus merdeka yang telah ideal," sambung Jimly

Sementara itu, Rektor IPB Prof Arif Satria menegaskan keberhasilan yang diterima pihaknya merupakan kinerja baik dari seluruh civitas akademika IPB University.

"Tentunya capaian ini juga hasil kerja keras para pimpinan sebelumnya, yang telah memberi fondasi yang kuat untuk kemajuan IPB," pungkasnya.

IPB berada di peringkat pertama klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020, disusul Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sumber: RMOL

loading...