Dewan Syura Global untuk Yerusalem Terbentuk


[PORTAL-ISLAM.ID]  Komunitas masyarakat sipil Turki mengumumkan berdirinya Dewan Syura Global untuk Yerusalem, yang terdiri dari organisasi dan institusi non-pemerintah dalam skala global.

Pernyataan bersama disampaikan oleh beberapa organisasi seperti Ankara untuk Masyarakat Sipil, Kita Semua Maryam, Yerusalem Amanati, Kehendak Nasional dan Persatuan Palestina di Turki. Quds Press melaporkan, Jumat (31/7/2020).

Dewan akan membentuk jaringan dalam skala global untuk meningkatkan solidaritas terhadap Yerusalem, termasuk Al-Aqsa di dalamnya.

Dewan Syura Global untuk Yerusalem juga menyerukan kepada negeri-negeri Muslim dan dunia, untuk memperioritaskan perlindungan kota Yerusalem, Masjid Al-Aqsa dan situs-situs suci kota dari praktik pendudukan Israel.

Seruan tersebut menyatakan: “Tanggung jawab semua Muslim di dunia adalah melakukan segala upaya dan berusaha untuk membebaskan Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa dari pendudukan yang dikenakan padanya.”

Ditambahkan, “Semua organisasi anggota harus mendirikan cabang di Yerusalem, dan mengembangkan proyek untuk menyelamatkan Masjid Al-Aqsa dari pendudukan dan mendukung perlawanan umat Islam di sana.”

Diserukan kepada Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengejar inisiatif politik dan menggunakan mekanisme yang relevan untuk bekerja melindungi Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa.

Ditekankan perlunya Perserikatan Bangsa-Bangsa dan lembaga internasional yang relevan untuk menerapkan kewajiban mereka menjatuhkan sanksi terhadap otoritas pendudukan, yang menghancurkan warisan agama, budaya dan sejarah Yerusalem.

Peluncuran resmi Dewan Syura Global untuk Yerusalem ini akan diumumkan secara resmi pada peringatan Isra Mi’raj yang akan datang, untuk mengembangkan kesadaran global tentang kota Yerusalem. (MINA)