Ratusan Petani Deli Serdang Jalan Kaki Menuju Istana Jakarta Tuntut Keadilan pada Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID] Ratusan petani asal Mencirin dan Simalingkar, Deli Serdang, Sumatera Utara, berjuang untuk mendapatkan keadilan.

Para petani ini bahkan nekat jalan kaki untuk mengadukan nasib mereka ke Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Kini, setelah 35 hari jalan kaki dari Medan, ratusan petani tersebut telah sampai di Lampung.

Dilansir dari Kantor Berita RMOLLampung, para petani ini singgah di Islamic Centre, Sukadana, pada Selasa malam (28/7). Selanjutnya, hari ini (29/7), rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Kota Bandarlampung.

Warga Mencirin dan Simalingkar ini tiba sekitar pukul 19.00 WIB. Mereka disambut oleh WALHI Lampung, LBH Bandarlampung, SP Sebay Lampung.

Tampak juga dalam rombongan penyambut AJI Bandarlampung, IWO Lampung Timur, Watala, SPI Lampung, Kasbi, dan Ikatan Pemuda Adi Mulyo Mesuji.

Koordinator aksi, Awan Purba mengatakan, jumlah petani yang berjalan kaki ada 170 orang. Namun, 20 orang sudah lebih dulu berangkat dipanggil Komisi II DPR RI.

Didampingi sejumlah aktivis dan organisasi, ratusan petani Sumatera Utara itu akan berorasi saat tiba di Kota Bandarlampung. Untuk kemudian melanjutkan perjuangan mereka menuju Jakarta, dengan berjalan kaki.

Ratusan petani tersebut berencana menemui Presiden Joko Widodo di Jakarta. Karena Pemerintah Kabupaten Deli Serdang tidak mendengar tuntutan mereka terkait pengambilalihan lahan secara sepihak oleh pihak PTPN II.

*Ket. Foto atas: Ratusan petani yang tergabung dari Dusun Berkala Desa Simalingkar A dan Desa Sei Mencirim Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut) yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) dengan kawalan petugas Polresta Palembang saat melintasi Jembatan Ampera Palembang, Senin (27/7/2020). [SRIPOKU.COM/Zain]


loading...