Presiden Erdogan Resmikan Pabrik Mobnas Turki


[PORTAL-ISLAM.ID]  Upacara peletakan batu pertama pembangunan pabrik mobil nasional pertama Turki diadakan Sabtu (18/7/2020) di provinsi barat laut Bursa dengan kehadiran Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Berbicara pada upacara itu, Erdogan mengatakan pembangunan akan selesai dalam 18 bulan dan mobil perdana diproduksi pada kuartal terakhir 2022.

Dia mencatat bahwa mereka telah memulai pembangunan "kompleks produksi besar dengan berbagai fasilitas yang secara radikal akan mengubah persepsi pabrik di benak masyarakat."

"Dengan berbagai produk, teknologi, model bisnis, dan pemasok kami, kami (Turki) siap menjadi pemain utama," kata presiden.

Erdogan mencatat bahwa hasil jajak pendapat menunjukkan 95% warga Turki setuju dan mendukung proyek mobil nasional.

"Saya percaya bahwa proyek ini, sebagai simbol besar dari visi inovatif Turki, akan menjadi inspirasi bagi generasi muda," tambahnya.


Kementerian Lingkungan Hidup dan Urbanisasi negara tersebut telah menyetujui Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk pabrik mobil yang awalnya pada awal Juni. Pabrik diperkirakan akan menelan biaya sekitar TL 22 miliar ($ 3,7 miliar) dan akan memiliki kapasitas untuk menghasilkan rata-rata 175.000 kendaraan per tahun setelah pekerjaan selesai.

Pada bulan Juni 2018, lima raksasa industri - Grup Anadolu, BMC, Grup Kök, Turkcell dan Zorlu Holding - serta organisasi payung, Union of Chambers dan Pertukaran Komoditas Turki (TOBB) bergandengan tangan untuk menciptakan Automobile Joint Venture Group (TOGG), sebuah konsorsium untuk memproduksi mobil nasional Turki.

Perjalanan panjang negara itu untuk menghasilkan mobil yang sepenuhnya buatan sendiri berakhir pada 27 Desember tahun lalu ketika meluncurkan prototipe dalam upacara besar di kota Gebze di barat laut.

Erdogan meluncurkan prototipe kendaraan sport utility (SUV) dan sedan, keduanya sepenuhnya listrik dan model segmen C. TOGG akan membuat lima model berbeda - sebuah SUV, sedan, C-hatchback, B-SUV dan B-MPV - hingga tahun 2030 dan akan memiliki hak kekayaan intelektual dan industri.

Peluncuran pabrik proyek mobnas ini juga diposting Presiden Erdogan di akun twitternya.
Sumber: Daily Sabah