PKS-Demokrat Kompak Usung Putri Wapres Ma’ruf Amin di Pilkada Tangsel


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman resmi mengumumkan partainya akan mengusung pasangan putri Wapres Ma'ruf Amin Siti Nur Azizah dan Ruhama Ben dalam Pilkada Tangsel 2020. PKS bakal berkoalisi dengan Partai Demokrat.

Sohibul Iman menyampaikan bahwa PKS sejak awal memberikan kebebasan kepada para kader di daerah untuk dapat berkoalisi dengan partai manapun tanpa adanya paksaan.

"Beberapa daerah yang sudah jelas (koalisi) misalnya pertama Tangerang Selatan (mengusung) ibu Azizah berpasangan dengan Pak Ruhama Ben," kata Sohibul dalam konferensi pers usai menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor DPP PKS, Jakarta, Jumat, 24 Juli 2020.

Dia mengatakan antara PKS dan Demokrat memiliki suasana kebatinan yang kuat di sejumlah daerah pemilihan. Sehingga peta koalisi PKS akan berkoalisi dengan Demokrat dalam Pilkada 2020 ini.

Putri Wapres Ma'ruf Amin Siti Nur Azizah diketahui saat ini menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal di DPP Partai Demokrat. Sementara Ruhama Ben adalah kader internal PKS.

Syarat administrasi untuk bisa mengajukan pasangan calon adalah partai atau gabungan partai harus memiliki minimal 10 kursi DPRD (20% kursi) untuk Pilkada Tangsel. PKS memiliki 8 kursi dan Demokrat 5 kursi.

Hingga saat ini setidaknya sudah ada tiga pasangan calon wali kota Tangerang Selatan yang muncul ke publik. Selain Siti Nur Azizah - Ruhama Ben, ada duet Muhammad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang diusung Partai Gerindra dan PDIP serta Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan yang didukung Partai Golkar.[]

Baca juga :