Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat Berwudhu Bagi Kesehatan Tubuh

Oleh: dr. Amrizal Zuhdy

Sebelum melakukan shalat maka diwajibkan berwudhu yang mana manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Kegiatan berwudhu ini adalah kegiatan membasuh sebagian dari tubuh seseorang agar bisa bersih sebelum melakukan shalat. Berwudhu menjadi syarat sah shalat dan harus dilakukan.

Jadi, jika shalat 5 waktu dalam sehari maka Anda juga harus melakukan wudhu 5 kali dalam sehari. Allah sangat menyukai kebersihan hingga ada pernyataan bahwa kebersihan adalah sebagian dari keimanan. Hal tersebut nyata dan jelas manfaatnya. Di dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kebersihan tubuh harus selalu dijaga, salah satunya dengan berwudhu.

Dengan berwudhu, tak hanya melakukan ibadah dan membersihkan tubuh dari najis, namun juga membersihkan diri dari berbegai penyakit dan virus yang menempel. Wudhu memiliki keajaiban-keajaiban yang baik bagi kesehatan tubuh. Di antaranya bisa menjaga kulit dari berbegai macam penyakit seperti kanker kulit.

Selain itu, dengan melakukan sholat dan wudhu secara rutin dalam sehari tentunya akan memberi rasa segar di wajah orang yang melakukannnya. Masih banyak lagi manfaat yang didapat dari melakukan wudhu ini. Hal ini membuat semakin yakin jika anjuran-anjuran dalam beribadah bukan tanpa alasan dibuat.

Kesehatan Kulit dan Saraf

Aktivitas berwudhu dimulai dari membasuh kedua telapak tangan sambil membaca bismillah, kemudian berkumur-kumur, membersihkan hidung, membasuh muka dengan membaca niat dalam hati. Selanjutnya, membasuh tangan dari siku hingga pergelangan tangan, kemudian membasuh sebagian kepala, telinga hingga kaki selama 3 kali.

Dari urutan di atas, berwudhu bisa menjaga kesehatan kulit Anda. Air yang digunakan juga merupakan air bersih dan mengalir. Sehingga kulit akan menjadi bersih setiap saat, karena setiap orang dalam bekerja, sekolah, dan melakukan kegiatan lain akan bersentuhan dengan benda-benda kimia dan dengan berwudhu maka kulit menjadi bersih.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit kulit terjadi akibat dari kurangnya menjaga kebersihan kulit, sering bersentuhan dengan zat-zat kimia, sehingga zat tersebut larut ke dalam kulit. Hal-hal yang bisa membersihkan zat-zat tersebut dari kulit adalah dengan cara berwudhu yang telah dianjurkan oleh Allah.

Dengan membasuh air bersih, segar dan mengalir akan membuat saraf pada tubuh memberikan reaksi yang baik. Pernahkah Anda mengalami kantuk saat belajar atau saat bekerja? Dengan membasuh muka maka Anda bisa merasakan berkurangnya rasa kantuk. Saraf tersebut memberikan reaksi yang baik bagi tubuh.

Tubuh menjadi lebih segar dan bisa melakukan aktivitas secara normal kembali. Kesehatan tubuh juga tergantung pada kebersihan tubuh. Jadi mulai dari sekarang perbanyaklah berwudhu agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya. Rasakan manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh Anda.

Awet Muda dengan Berwudhu

Pernahkah mendengar bahwa berwudhu bisa menyebabkan awet muda. Banyak sekali yang meragukan hal tersebut. namun secara ilmiah membenarkan itu semua. Berwudhu membasuh muka secara berulang, merasakan segarnya air sehingga saraf yang ada di dahi dan muka merangsang kegiatan tersebut.

Debu-debu yang menempel pada kulit juga bisa menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya. pada kaki berwudhu juga bisa mencegah jamur yang tumbuh di kaki akibat aktivitas sehari-hari sehingga membuat kaki berkeringat selama beberapa jam lalu menimbulkan jamur ditandai dengan bau kaki yang tak sedap.

Memberikan beberapa hal yang baik untuk kulit adalah suatu hal yang harus dilakukan. Sebab dengan begitu Anda bisa menjaga apa yang diberikan Allah pada Anda. Air merupakan element terpenting dalam kehidupan. Jika tubuh tidak tersentuh dengan air maka yang terjadi adalah kulit menjadi kering serta kesehatan ginjal terganggu.

Rasa rileks akibat berwudhu bisa menimbulkan konsentrasi pulih kembali, dan bisa melanjutkan kegiatan Anda. Hal ini juga sering diterapkan oleh manusia di seluruh dunia dengan membasuh mukanya sebelum melanjutkan pekerjaan. Itulah kehebatan berwudhu yang sesungguhnya hanya dengan air bersih dan mengalir.

Manfaat berwudhu ternyata sangat baik bagi tubuh terutama kulit dan memengaruhi syaraf juga. Kulit manusia akan senantiasa bagus dan terawat akibat dibersihkan secara rutin. Berwudhu yang dilakukan 5 kali dalam sehari bisa membuat kulit Anda menjadi sehat dan terhindar dari penuaan dini, betapa besarnya manfaat berwudhu bagi kesehatan tubuh.[]

___
*Penulis:
Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis yang mengabdi di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Juga aktif berbagi informasi kesehatan melalui blog pribadi DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.