Kebencianmu Pada Erdogan, Turki dan IM telah membutakan Mata


Kebencianmu Pada Erdogan, Turki dan IM telah membutakan Mata

Salah satunya mufti kibar facebook ini, mengaitkan sesuatu bukan pada tempatnya. Ketika semua orang berbahagia dengan dibukanya Hagia Shopia lalu dengan fallacy menuduh Erdogan menghancurkan masjid Umawi di Suriah. Dan dia lakukan itu hanya nukil dari terjemah arab entah darimana sumbernya.

Jangan-jangan dia dan gerombolannya tidak paham akar sejarah pertempuran besar di Aleppo tahun 2012-2013.

Kala itu, mayortitas masyarakat Aleppo menentang dominasi Syiah Rezim Assad. Hingga mujahidin dan kaum muslimin sempat mengusai wilayah Aleppo ini.

Namun kebrutalan rezim Assad ini sangat luar biasa, mereka lakukan genosida daerah ini dengan bom kimia tak peduli korbannya anak-anak dan rakyat sipil. Bahkan tak segan masjid-masjid pun dihancurkan. Dan salah satunya Masjid Al Umawi ini.

Berikut ini nukilan dari Republika:

"Akibat konflik Suriah beberapa tahun terakhir, efek bombardir artileri berat, belum lama ini mendapat serangan luar biasa dari rezim Assad. Untuk kedua kalinya, Masjid bersejarah ini menjadi sasaran.

Aksi brutal atas Masjid al-Umawi memicu reaksi keras cendekiawan Muslim. Mereka yang tergabung di Persatuan Ulama Syam memprotes tindakan tersebut. Assad secara resmi menyadari kesalahannya itu dan memerintahkan Gubernur Aleppo,  Muhammad Wahid Aqqad, segera merenovasi kerusakan."

https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/16/05/15/o7769f313-sejarah-tiga-menara-masjid-agung-damaskus

Media internasional juga memberitakan:

Syria: 11th-century minaret of Great Umayyad Mosque of Aleppo destroyed

Suriah: Menara abad ke 11 Masjid Agung Umayyah Aleppo dihancurkan

Aktivis oposisi di kota itu mengatakan menara itu dihantam peluru tank yang ditembakkan sebagai bagian dari serangan rezim Assad terhadap masjid, yang pada awalnya dibangun pada tahun 715 oleh dinasti Umayyah dan yang jatuh ke tangan pejuang pekan lalu.

Video yang diposting oleh Pusat Media Aleppo menunjukkan tumpukan puing-puing di sudut halaman Masjid Agung, menumbuhkan duri logam yang bengkok, tempat menara pernah berdiri. Tiang-tiang dan lengkungan halaman itu sendiri terbaring hangus, patah, dan bopeng dengan lubang peluru dan peluru.

https://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/middleeast/syria/10016169/Syria-11th-century-minaret-of-Great-Umayyad-Mosque-of-Aleppo-destroyed.html

Namun sebagaimana orang zalim, mereka akan melakukan playing victim dengan memutar balikkan fakta, jika masjid Umawi dihancurkan oleh teroris "Al-Qoidah" atau Jabhah Nusrah.

(Mbah Joe Taslim)