Ini Susunan Acara Pembukaan Masjid Hagia Shopia


[PORTAL-ISLAM.ID]  Masjid Hagia Shopia (Aya Sofya)  insya Allah hari ini, Jumat 24 Juli 2020, akan mulai dipakai untuk ibadah dengan menggelar shalat Jumat yang merupakan shalat perdana di Aya Sofya sejak 1931 saat ditutup dan dijadikan museum oleh penguasa saat itu, Mustafa Kemal.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengundang beberapa pemimpin dan pejabat negara lain untuk hadir shalat Jumat perdana di Hagia Shopia. Bahkan Paus Fransiskus juga diundang hadir untuk menyaksikan seremoni pembukaan.

Sususan Acara di Hagia Shopia

Disampaikan oleh Ali Ekinci (warga Turki yang pinter bahasa Indonesia, yang saat ini berada di Istanbul untuk ikut jumatan perdana di Hagia Shopia), di fbnya menyampaikan susunan acara pembukaan Masjid Aya Sofya.

Majlis peresmian (upacara pembukaan) akan bermula (mulai) pada pukul 10:00 hari ini (waktu setempat, sekira pukul 14.00 WIB, selisih 4 jam) dengan Takbir.

Selanjutnya Juz pertama, Surah Al Kahfi, Surah Mariam, Surah Yaseen, Surah Al Fatehah, Ikhlas, Falak dan Nas akan ditilawatkan dan pintunya akan dibuka untuk jemaah.

Sholat Jumat pertama dilaksanakan di dalam serta di luarnya Masjid Ayasofya Insya'Allah.

Majlis peresmian(upacara pembukaan) akan bermula(mulai) pada pukul 10:00 hari ini dengan takber. Selanjutnya Juz...
Dikirim oleh Ali Ekinci pada Kamis, 23 Juli 2020
Masjid Ayasofya Besar sudah siap. Saya sudah bertolak ke Istanbul dari İzmir yaitu saya juga siap. Mari kita jumpa di Masjid Ayasofya Besar 14 jam lagi
Dikirim oleh Ali Ekinci pada Kamis, 23 Juli 2020