Mobnas Vietnam Siap Mendunia, Esemka Bagaimana?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Langkah besar ditunjukkan industri otomotif Vietnam. Negara yang selama ini jadi salah satu pasar mobil-mobil produksi Indonesia itu, bakal memiliki mobil nasional atau mobnas.

Produsen mobil nasional Vietnam, Vinfast, bahkan sudah menunjuk satu perusahaan desain, Pininfarina, untuk mengembangkan sedan dan Sport Utility Vehicle pertamanya.

Vinfast menargetkan bisa jadi produsen mobil terkenal di Asia Tenggara, dengan produksi 500 ribu unit mobil per tahun pada 2025. Untuk tahap pertama, perusahaan tersebut memperkirakan bisa memproduksi 100 ribu hingga 200 ribu unit kendaraan per tahun.

Dilansir VIVA Otomotif dari 100kpj, Minggu 7 Juni 2020, Vinfast juga tak mau ketinggalan dalam hal teknologi. Mobil SUV rancangan mereka siap disematkan dinamo listrik, yang sumber energinya berasal dari baterai buatan pabrikan elektronik asal Korea Selatan, LG.

Vinfast tak mau dianggap sebelah mata, mereka juga sudah hadir di panggung internasional untuk mempromosikan produknya. Rencananya, mereka bakal hadir di pameran otomotif Los Angeles Auto Show pada November 2020.


Lantas, bagaimana dengan Indonesia yang selama ini jadi salah satu pemasok kendaraan ke negara tersebut?

Beberapa waktu lalu, masyarakat Tanah Air dibuat gempar dengan munculnya Esemka. Mobil ini pernah dipromosikan oleh Presiden Jokowi, saat ia masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Namun, setelah itu Esemka seolah hilang ditelan bumi. Kemunculannya kembali ke permukaan sempat menimbulkan polemik, karena disebut-sebut menggandeng China untuk pengadaan unitnya.

Kabar itu kemudian dibantah, dengan menghadirkan pikap Bima yang diproduksi di Boyolali, Jawa Tengah. Sayangnya, itu adalah satu-satunya model yang masuk dalam jalur produksi mereka.

Padahal, sebelumnya Esemka memiliki beberapa model yang tak kalah keren dari Vinfast, seperti Esemka Digdaya berjenis pikap kabin ganda, dan Esemka Garuda yang mengusung bentuk SUV. [Viva]

loading...