Direktur LSI: Anies Berpeluang Jadi Penerus Prabowo


[PORTAL-ISLAM.ID]  Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan sudah menduga bahwa Prabowo Subianto akan dipercaya oleh kadernya untuk memimpin kembali Partai Gerindra selama lima tahun mendatang. Kendati begitu, sejumlah nama berpotensi maju jika suatu waktu Prabowo lengser.

Menurut dia, nama yang berpeluang menggantikan Prabowo lima tahun mendatang adalah Sandiaga Uno, Ahmad Muzani, Fadli Zon, hingga Sufmi Dasco Ahmad. Bahkan, nama lain di luar Partai Gerindra seperti Anies Baswedan juga berpeluang menjadi pengisi kepemimpinan Partai Gerindra selanjutnya.

"Kalau Anies Baswedan masih meneruskan koalisinya dengan Prabowo dan Gerindra, dia juga potensial bisa menjadi penerus," ungkap Djayadi melalui pesan Whatsapp kepada Republika.co.id, Ahad (7/6/2020).

Namun, untuk saat ini Prabowo masih menjadi figur dominan di partai berlambang kepala burung garuda tersebut. "Belum ada tokoh di Gerindra yang bisa menggantikan beliau (Prabowo). Karena Prabowo masih menjadi simbol utama Gerindra maka kepemimpinan Gerindra tergantung pada apakah beliau masih mau menjadi ketua umum atau tidak," katanya.

Ia menilai, sampai saat ini belum ada tanda-tanda Prabowo akan menyerahkan kepemimpinannya kepada tokoh lain di Gerindra. Bahkan, ia menduga mantan danjen Kopassus tersebut baru akan menyerahkan kepemimpinan pada generasi berikutnya selepas pemilihan presiden (pilpres) 2024.

"Dari segi usia, Prabowo saat ini sudah 69 tahun, jadi akan berusia 74 tahun lima tahun lagi. Karena itu, kepemimpinan beliau selama lima tahun ke depan akan diutamakan untuk konsolidasi partai secara nasional dan persiapan untuk menguatkan struktur organisasi dan kepemimpinan di pusat dan daerah agar Gerindra siap ketika tidak lagi secara aktif dipimpin oleh Prabowo," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kader Partai Gerindra kompak menginginkan Prabowo Subianto kembali memimpin partai. Hal itu diketahui dari Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) Partai Gerindra yang digelar secara virtual pada Kamis (4/6/2020) malam hingga dini hari.

Dalam forum itu, 34 Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra sepakat meminta Prabowo Subianto kembali menjabat ketua umum dan ketua dewan pembina untuk periode 2020-2025.

"Seluruh 34 DPD menginginkan Pak Prabowo kembali memimpin Partai Gerindra," kata Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade, Jumat (5/6/2020).

Andre, sosok Prabowo masih dibutuhkan untuk memimpin partai. "Tidak ada yang berlainan pendapat, semua satu suara menginginkan Pak Prabowo menjadi ketua umum dan ketua dewan pembina lagi," sambungnya.

Andre mengatakan, pengurus DPD mendorong Dewan Pimpinan Pusat (DPP) segera melaksanakan kongres partai pada tahun ini untuk meresmikan Prabowo sebagai Ketum Gerindra 2020-2025.

Baca juga :