Antrean Haji Capai 40 Tahun, Kemenag Ajukan Penambahan Kuota


[PORTAL-ISLAM.ID] Antrean calon jemaah haji di Indonesia boleh jadi adalah yang paling lama di dunia. Bagaimana tidak, antrean haji di Indonesia kini bisa mencapai 40 tahun.

Untuk itu, Menteri Agama Fachrul Razi tengah berupaya agar Kerajaan Arab Saudi mau menambah kuota haji untuk Indonesia sehingga bisa mengurangi masa tunggu calon jemaah.

“Begitu semangatnya orang Indonesia yang ingin beribadah haji. Mudah-mudahan tahun depan ada tambahan kuota haji untuk Indonesia,” kata Fachrul Razi kepada Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi, Jumat (26/6/2020).

Menjawab keinginan ini, Essam berharap agar hal ini bisa terlaksana. Menurutnya, Arab Saudi mencanangkan visi 2030. Salah satu visinya adalah meningkatkan kuota jemaah haji dari luar negeri hingga mencapai 5 juta. Saat ini, di setiap penyelenggaraan ibadah haji, jemaah yang datang ke Mekah dan Madinah mencapai 2,5 juta orang.

Essam juga menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Indonesia yang mendukung kebijakan pembatasan jamaah haji 1441 H/2020 M. Menurutnya, di tengah pandemik Covid-19, kebijakan tersebut sangat membantu menjaga keselamatan jemaah.

Untuk musim haji tahun ini, jumlah jemaah haji dibatasi hanya 10 ribu orang. Menurutnya, sebagian besar dari kuota tersebut diperuntukan bagi warga asing atau ekspatriat yang berdomisili di Arab Saudi.

“Bagi jemaah yang diizinkan berhaji, harus tunduk pada protokol kesehatan yang sangat ketat. Akan dilakukan tindakan preventif juga untuk mencegah Covid-19,” kata Essam. [RMOL]
loading...