Cina Kirim Investigator ke Israel, Periksa Kematian Misterius Dubes

(Du Wei, Dubes China yang tewas di Israel)

[PORTAL-ISLAM.ID]  Media South China Morning Post, Senin, 18 Mei 2020, memberitakan
Pemerintah Cina memutuskan mengirim tim investigasi ke Israel untuk menyelidiki kematian duta besar mereka, Du Wei, yang mendadak. Mereka, rencananya, akan didampingi keluarga Du Wei yang mengurus barang-barang peninggalannya. Rombongan berangkat pada hari Senin.

Sebagaimana diberitakan, Duta Besar China untuk Israel, Du Wei, ditemukan tewas di kediamannya di Tel Avivi, Israel, pada hari Minggu (17/5/2020). Kepolisian Tel Aviv enggan membeberkan apa penyebab kematian Du Wei di hari ia ditemukan.

Sebelumnya banyak media yang mengabarkan bahwa alasan kematiannya kemungkinan karena sebab alami karena ia ditemukan meninggal saat tidur.

Namun, waktu kematiannya yang terjadi di tengah pandemi virus corona (COVID-19) dan setelah kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo ke Israel, telah memicu lahirnya teori konspirasi. Apalagi saat ini hubungan AS-China diketahui sedang panas-panasnya.

China sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kematian Wei, yang baru diangkat sebagai perwakilan negara itu di Israel pada bulan Februari lalu.

Salah satu teori konspirasi yang muncul menyebut ada kemungkinan Wei meninggal karena COVID-19. Prasangka itu muncul karena sebelumnya Wei dikabarkan tiba di Israel pada bulan Februari, di saat wabah COVID-19 sedang mencapai puncaknya di China, negara awal wabah ditemukan.

Pada saat ketibaannya, Wei juga sempat menjalani karantina dua pekan karena pada saat itu Israel telah memberlakukan aturan perjalanan dari negara-negara yang terkena dampak, menurut Jerusalem Post.

Teori konspirasi lainnya mengenai kematian Wei yang berusia 52 tahun, dihubungkan dengan panasnya hubungan antara AS-China saat ini. Sebagaimana dilaporkan media Israel itu, AS memiliki kekhawatiran tentang peran China di Pelabuhan Haifa dan pabrik desalinasi. China juga telah banyak menggembar-gemborkan proyek Belt and Road Initiative di Timur Tengah.

Proyek Belt and Road Initiative merupakan sebuah proyek pengembangan yang digagas dan dibanggakan oleh Presiden China Xi Jinping. Namun, inisiatif ini telah mendapat kecaman dari AS karena dianggap lebih menguntungkan China dan membuat negara yang terlibat menjadi rentan terhadap tekanan diplomatis Beijing.

Kematian Wei juga terjadi tak lama setelah Menlu Pompeo melakukan kunjungan ke Israel. Pompeo mengunjungi Israel pada Rabu lalu (13/5/2020). Menurut France 24, dalam kunjungan itu Pompeo bertemu dengan Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz.

Sebagai catatan, Menteri Luar Negeri Amerika, Mike Pompeo, memperingatkan Israel untuk berhati-hati terhadap Cina. Ia tidak ingin jaringan infrastruktur dan komunikasi Cina masuk ke Israel karena ia menganggap hal tersebut akan berdampak buruk ke mereka. Dengan kata lain, hubungan Cina dan Israel dalam pengawasan Amerika.

Sumber: South China Morning Post, CNBC

loading...