Tiga Peringatan Oposisi Untuk Jokowi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik mengkritik kebijakan Kartu Prakerja pemerintah karena salah satu dari delapan digital platform untuk pelatihan adalah perusahaan yang didirikan salah satu staf khusus Presiden Joko Widodo (Stafsus Jokowi).

"Pak @jokowi, apakah benar 'stafsus milenial' presiden, Belva Devara, adalah pemilik dan CEO Ruang Guru? Aplikator mitra resmi pemerintah dalam pelatihan online bagi peserta kartu prakerja dengan total anggaran dari negara sebesar Rp 5.6 triliun?" tulis Rachland di akun Twitternya.

Rachland berujar kebijakan pelatihan online tidak efektif dalam kondisi pandemi. Lowongan pekerjaan dan peluang berusaha tidak ada, karena pertumbuhan ekonomi diprediksi minus. "Bisnis di mana-mana bangkrut. PHK melonjak. Masak jalan keluarnya pelatihan online?" tuturnya.

Pendiri Perhimpunan Pendidikan Demokrasi ini mengatakan lebih baik anggaran Kartu Prakerja digunakan untuk program bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat yang membutuhkan. Menurutnya kebijakan ini lebih dapat berefek kepada roda ekonomi.

Berikut 3 saran Rachland untuk Jokowi.

Baca juga :