PVMBG: Dentuman Dini Hari Ini Bukan Berasal dari Erupsi Anak Krakatau, Lalu Dari Mana?


[PORTAL-ISLAM.ID] Terdengar suara dentuman di sejumlah wilayah, di antaranya Jakarta Selatan, Depok, hingga Kabupaten Bogor. Letusan terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (11/4).

Suara dentuman terdengar beberapa kali dengan selang waktu. Suara dentuman itu juga mengakibatkan daun pintu yang terkunci bergetar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Suara dentuman itu diketahui beberapa kali terdengar dini hari ini.

"Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan Gunung Anak Krakatau ini dinilai Hendra relative kecil.

"Saya sudah cek ke Pos Penganatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut)," jelas Hendra.

LALU APA DAN DARI MANA SUARA DENTUMAN?

Beberapa pihak memberikan analisanya.

"Kalo melihat arah angin harusnya rambatan suara ke utara, lampung dan sumatra, suara yg sampai ke bogor, depok, bekasi, kemungkinan kalo tdk pantulan suara dari atmosfer, kemungkinan lainnya getaran dan ledakan magma diperut bumi merambat sampe jabotabek. Jgn tinggalin sholat," ujar @jandakembang78.
loading...