Peringatan Keras Dokter Malaysia: Indonesia "Bom Waktu" Covid-19


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Jokowi dengan bangga menyebut Indonesia tidak termasuk dalam 10 Besar Negara dengan jumlah penderita covid-19. Data "resmi" pemerintah Indonesia hanya di angka dua ribuan yang terkena positif corona.

Indonesia dengan jumlah penduduk keempat terbesar dunia, dan banyaknya WNA baik turis maupun TKA dari China, saat dunia melarang WNA China ke negaranya - Indonesia malah membuka lebar, apakah kasus covid-19 yang jumlahnya sedikit itu hal yang wajar?

Banyak pihak dan ahli dunia yang justru memprediksi Indonesia kondisi sebenarnya sangat mengerikan.

Seorang dokter Malaysia, Musa Nordin, menyebut bahwa kasus covid-19 di Indonesia adalah sebuah "Bom Waktu", yang bisa berpengaruh pada penyebaran virus corona di Malaysia.

"Saya risau ni Indonesia, Indonesia is a time bomb," kata Nordin dalam sebuah wawancara dengan Astro Awani, sebuah saluran televisi Malaysia yang diunggah melalui akun YouTube pada Minggu (5/4/2020).

Konsultan Spesialis Pediatri dan Pengobatan Rumah Sakit KPJ Damansara ini menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mengurangi dan menangani covid-19 di Malaysia adalah dengan mengatur ketat masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

"Saya sarankan pada MKN (Majlis Keamanan Nasional), kita harus mengontrol perbatasan kita. Kalau tidak, akan ada kasus besar covid-19 terjadi. Wallahua'lam," jelasnya pada Nazri Kahar, presenter acara Agenda Awani.

[Video]