Pemerintah Tidak Fair, Minyak Dunia Turun Tapi Harga BBM Tetap


[PORTAL-ISLAM.ID] Harga minyak dunia tengah terjun bebas akibat pandemik Covid-19. Harganya berkisar di angka 33 dolar AS per barel hingga 24 dolar AS per barel.

Peristiwa ini seharusnya membuat pemerintah untuk menurunkan harga minyak nasional, sesuai dengan harga pasaran dunia.

Begitu kata Direktur Institute Development Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (13/4).

“Seharusnya harga BBM kita sudah turun, kan tiga bulan sekali ditinjau ulang. Jadi harus turun mengikuti perkembangan pasar. Kementerian ESDM juga seharusnya sudah melakukan evaluasi dan mengikuti perkembangan pasar,” ujarnya.

Tauhid mengatakan selama ini harga minyak selalu mengikuti perkembangan pasar. Pasalnya, minyak Indonesia ada yang dari impor, sehingga seharusnya pemerintah melakukan penurunan harga sesuai dengan pasar global.

“Harusnya turun harga, karena patokannya di pasar global. Ini belum turun,” tekannya.

“Ini tidak fair. Pemerintah tidak konsisten dalam penetapan harga BBM. Ini sudah lewat tiga bulan, Maret. April ya harus sudah turun, kalau naik lagi ya disesuaikan,” demikian Tauhid. [RMOL]

***

👉Baca juga: Imbas Minyak Dunia Turun Malaysia Jual Pertamax Rp4.500, Rudi Rubiandini: Harga yang Pantas Diterima Masyarakat Sebesar Rp5.500 per Liter