Kemana Menkes Terawan?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Menkes Terawan Agus Putranto sudah beberapa waktu tak terlihat. Ia bak tertelan bumi sejak Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjukkan Achmad Yurianto yang sebelumnya Sesditjen P2P Kementerian Kesehatan RI menjadi Juru bicara pemerintah untuk penanggulangan virus Corona atau Covid-19.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Widyawati, Menkes Terawan saat ini dalam keadaan baik-baik saja. Tak ada gangguan dalam kesehatannya.

"Ada kok Bapak (Menkes). Sehat Alhamdulillah," ucap Widyawati saat dikonfirmasi, Rabu 1 April 2020.

Sementara itu, Jaya Sumarjaya selaku Tata Usaha Menkes yang setiap hari menemani kesibukannya, mengaku atasnya itu dalam kondisi baik.

"Alhamdulillah Bapak (Menkes) sehat pak. Bapak kan kerja terus. Kita kan gak bisa ini lagi," kata JayaRabu 1 April 2020.

"Terus terang aja kita ini siang malam, Sabtu-Minggu gak menentu. Jadi kita bekerja terus," imbuhnya.

Jaya mengungkapkan, keseharian Menkes Terawan masih seperti biasa. Ia sering rapat dengan kabinet dan juga melakukan kunjungan ke beberapa rumah sakit.

"Kadang ke BNPB, kadang ngecek rumah sakit kesiapan. Kadang rapat di kantor," jelasnya.

Jaya mengungkapkan, Menkes sekarang berfikir untuk fokus bekerja saja tanpa bayangan-bayang sorotan kamera media.

"Sehat pak saya jamin pak," ungkapnya.

Adapun agenda hari ini Menkes, Jaya melanjutkan adalah di BNPB dan rapat dengan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Jaya juga menceritakan mengapa kemarin Terawan tidak datang saat Presiden Joko Widodo mengumumkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Ia mengatakan bahwa di tengah pemberlakuan social distancing atau penjarakkan sosial adalah pilihan yang tepat untuk menjauhi kerumunan.

"Emang gak ini pak, kan sekarang ini lima pembatasan pertemuan pak. Kan kita pake video conference terus. Terus juga ada rapat terus pak sehari bisa tiga kali, empat kali. Cuman pake vicon (video conference) terus," tandasnya.
loading...