Karir Luhut Mirip Soeharto


Karir Luhut Mirip Soeharto

Sejarah membuktikan bahwa kemenangan sangat didukung oleh kepintaran dan kecerdikan dalam berpragmatis politik. Dalam diri LBP ada karakter itu.. dan momentumnya pas.

Meskipun dalam karir militernya, Luhut sering gagal dan tersingkir, tapi dia tidak menyerah. Aslinya dia prajurit pilihan, alumni terbaik Akmil angkatan '67 dan mengomandoi beberapa pasukan elit di saat pangkatnya masih rendah..tapi sayang dia terlalu LB Moerdani dan dituduh punya hasrat menggulingkan kekuasaan Soeharto..akhirnya karir militernya tersendat sendat, meski sampai Letjen tapi tak pernah jadi panglima..hanya peran di parkiran..

Tapi yang namanya orang pintar dan cerdik, dia selalu berusaha mencari akal..dan karirnya moncer kembali setelah Soeharto tumbang, jadi dubes Singapura dan jadi menteri berkali kali sejak jaman Habibie hingga kini jadi "Perdana Menteri". Dia menjadi kuat karena pemimpinnya kurang kuat..dan sang pemimpin membutuhkan kekuatannya untuk melindungi dari serangan luar..klop..botol ketemu tutupnya.

Soeharto juga begitu, hampir mirip alurnya..saat menjadi Pangdam Diponegoro dituduh korupsi lalu disidang bahkan hendak dipecat oleh Soekarno dari karir militer..tapi Gatot Subroto datang menyelamatkannya..dan di saat situasi genting saat terjadi G30S, dia punya momentum..disaat para jenderal seniornya menjadi korban, dia tampil dengan cekatan..dengan modal Super Semar akhirnya dia menjadi sangat kuat melampau sang presiden.

Luhut, Soeharto adalah cerminan bahwa yang menang adalah yang cerdik dan pragmatis dalam memanfaatkan situasi..itulah drama dalam panggung politik.

(By Amin Fahrudin)

loading...