Istana Bantah Jokowi Bagi-bagi Sembako di Bogor Sabtu Malam, TAPI Jumat Malam

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

[PORTAL-ISLAM.ID]  Istana Kepresidenan merilis siaran pers terkait video di media sosial yang menunjukkan ada pergerakan warga di Kota Bogor menuju Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (11/4/2020) malam. Di dalam beberapa media sosial disebutkan juga warga tersebut menuju Istana Kepresidenan Bogor karena ada pembagian paket sembako dari Presiden Joko Widodo.

"Tidak ada kegiatan pembagian paket sembako oleh Presiden pada Sabtu malam di Bogor," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden kepada Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (12/4/2020).

Bey membenarkan Presiden membagikan sembako pada Kamis dan Jumat sebelumnya. Namun, ia memastikan Jokowi tak membagikan sembako pada Sabtu malam

Menurut dia, Presiden hanya membagikan paket sembako pada Kamis (9/4/2020) di Jakarta dalam perjalanan dari Istana Merdeka Jakarta menuju Gerbang Tol Kemayoran untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. Pembagian juga dilakukan pada Jumat (10/4/2020) malam di Bogor.

"Dalam kegiatan pembagian paket sembako tersebut, pihak Paspampres selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam pandemi virus corona dan physical distancing," ujar Bey.

Menurut dia, pada Sabtu (11/4/2020), masyarakat Kota Bogor memperkirakan Presiden akan kembali membagikan paket sembako. Perkiraan masyarakat ini kemungkinan didasari adanya pembagian paket sembako pada hari sebelumnya. Selain itu adanya informasi yang beredar di masyarakat dan bukan dari sumber resmi yang menyebutkan Presiden akan membagikan paket sembako. Padahal pada hari itu, tidak ada agenda Presiden membagikan paket sembako.

Setelah diberi penjelasan oleh Paspampres yang dibantu aparat kewilayahan dari Komando Resor Militer 061 (Korem 061/Surya Kencana) dan Polresta Bogor Kota, para warga tersebut akhirnya kembali ke rumah masing-masing.

Selanjutnya, dari kegiatan pembagian paket sembako di Jakarta (9/4/2020) dan Bogor (10/4/2020), serta pergerakan warga Kota Bogor menuju Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu malam (11/4/2020), Sekretariat Presiden, Sekretariat Militer, dan Paspampres akan melakukan evaluasi cara pembagian sembako yang tentunya mengutamakan physical distancing, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Terlebih lagi, DKI Jakarta dan wilayah Bogor sudah ditetapkan Menteri Kesehatan sebagai wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya kita semua harus mendukung pelaksanaan PSBB ini," kata Bey.

Sumber: CNBC

Baca juga :