Dosa Apa 212 dan HTI, Sampai Dituduh Oleh "Dokter Hewan" Ini Sebagai Kelompok Yang Ngotot Blowup Corona?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Warganet dibuat geger oleh pernyataan seorang dokter hewan di akun facebooknya.

Diketahui dia memang beberapa kali bikin pernyataan kontroversial seputar virus corona (covid-19).

Terbaru video dokter hewan ini dengan artis Luna Maya yang bicara tentang virus corona. (Lihat dibawah postingan ini, dokter @berlianidris membantah pernyataan dokter hewan ini).

Namun kali ini kenapa malah bawa-bawa 212 dan HTI? Dosa apa 212 dan HTI?

"Cuma 3 kelompok yg ngotot blowup coronavirus:
1. Kelompok AZAB Tuhan 212& HTI & pendukung hoax Uighur
2. Kelompok kementan & FAO buat ngejar proyek zoonosis di Indonesia
3. Sisanya kelompok gak faham virology + Immunology yg cuma Ikut2 an heboh saja."

Demikian disampaikan dokter hewan Moh Indro Cahyono.

Terkait sosok dokter hewan ini, media online TEMPO pada 13 April lalu pernah mengulas tentang Moh Indro Cahyono dengan judul:

"[Fakta atau Hoaks] Benarkah Penjelasan Soal Corona dari Mohammad Indro Cahyono dalam Pesan Berantai Ini?".

[Kutipan Tempo]
Berdasarkan penelusuran Tempo, Mohammad Indro Cahyono adalah dokter hewan lulusan Universitas Gajah Mada. Sejak 2006, ia bekerja di Badan Penelitian Veteriner (Balitvet), sebuah unit yang berada di bawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Kementerian Pertanian. Di Balitvet, Indro bertugas sebagai peneliti di Laboratorium Virologi. Pada 2018, Indro keluar dari Balitvet dan menjadi peneliti di kantor swasta.

Dilihat dari latar belakang tersebut, Indro sebenarnya adalah ahli kesehatan atau ahli virus pada hewan, bukan ahli virus pada manusia. Ia juga tidak terlibat dalam penanganan klinis pasien yang terinfeksi Covid-19.

Dengan alasan ini, Tim CekFakta Tempo perlu memeriksa ulang penjelasan Indro dengan fakta-fakta penelitian mengenai virus Corona Covid-19. Tempo juga menghubungi Dicky Budiman, dokter sekaligus ahli epidemiologi penyakit menular. Epidemiologi adalah ilmu tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keadaan tersebut pada lingkup masyarakat tertentu.

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, penjelasan seputar virus Corona Covid-19 dalam pesan berantai di atas memang berasal dari Mohammad Indro Cahyono. Namun, Indro adalah ahli kesehatan pada hewan, sehingga beberapa pernyataannya dalam pesan berantai itu tidak sesuai dengan fakta-fakta mengenai virus Corona Covid-19.


Link: https://cekfakta.tempo.co/fakta/727/fakta-atau-hoaks-benarkah-penjelasan-soal-corona-dari-mohammad-indro-cahyono-dalam-pesan-berantai-ini

***

KEMBALI KE LAPTOP...

KENAPA DOKTER HEWAN INI MALAH menuduh 212 dan HTI? Bahkan secara tendensius menyebut HOAX Uighur???


[THREAD - silakan di klik twit ini]
loading...