Corona: Belasan Ribu Kucing Gelandangan Turki Diberi Makan Pemerintah


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sejak wabah Covid-19 muncul, banyak unggahan media sosial dari seluruh dunia tentang risiko virus corona dibawa oleh kucing dan kemudian ditularkan ke manusia.

Namun di Turki, unggahan-unggahan yang ramai di bagikan di Twitter dan Facebook sedikit berbeda.

Saat kehidupan manusia di ruang terbuka berkurang, semakin berkurang pula sampah dan makanan sisa dibuang di luar ruangan.

Maka hewan gelandangan yang kehilangan sumber makanan mereka. Nasib mereka dikhawatirkan oleh banyak warga Turki, negara yang dikenal punya rasa sayang yang sangat besar terhadap kucing

Bantuan pemerintah

Turki belum mengumumkan pembatasan wilayah berskala nasional, tapi pembatasan pergerakan manusia telah dilakukan. Warga sangat disarankan untuk tinggal di rumah, dan banyak kegiatan dan bisnis yang sudah berhenti.

Sekolah tutup, warga berusia di bawah 20 tahun dan di atas 65 tahun diperintahkan untuk tinggal di dalam rumah.

Untuk membantu "pengembara kota berkaki empat" (kucing/anjing) di udara terbuka ini, Kementerian Dalam Negeri Turki telah memerintahkan pemerintah daerah dan dewan kota setempat untuk menyediakan makanan dan air di tempat penampungan hewan dan taman-taman.

Kota kucing

Anjing gelandangan juga diperintahkan untuk diberi makan oleh instruksi Mendagri Turki itu, tetapi kucing menikmati prioritas di hati warga, terutama di Istanbul.

Dinasti Usmani yang menguasai Turki sudah lama tiada, tetapi kota bekas ibu kota kekaisaran besar itu memanjakan banyak sekali kucing, dalam jumlah puluhan ribu.

Menurut dinas pemeliharaan hewan setempat, diperkirakan ada sekitar 12.500 ekor kucing gelandangan hidup di Istanbul.

Di Istanbul, tempat penampungan kucing sementara yang dibangun oleh warga sangat mudah ditemukan, beberapa dibangun di dekat selat Bosphorus yang berpemandangan sangat indah.

"It’s these small moments of kindness that mean so much during difficult times. Municipal workers in Turkey are making sure the country’s stray dogs and cats are fed during the coronavirus lockdown," ujar @Sara__Firth.

"Momen kebaikan kecil inilah yang sangat berarti selama masa-masa sulit. Pekerja kota di Turki memastikan anjing dan kucing liar negara itu diberi makan selama penguncian coronavirus."

[Video]

Sumber: BBC

loading...