Anies Bicara Prediksi Berakhirnya Penyebaran Virus Corona di Jakarta


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai hari ini, Jumat (10/4/2020), sampai 14 hari ke depan. Telah diterbitkan Peraturan Gubernur nomor 33 tahun 2020 yang mengatur PSBB di Jakarta.

Gubernur Anies meminta masyarakat untuk optimistis dalam menghadapi pandemi virus corona. Menurutnya, manusia berkali-kali menghadapi pandemi dan selalu berhasil. Terlebih dengan adanya teknologi semakin maju, Anies yakin pandemi corona bisa segera teratasi dengan baik.

"Kita haru terus optimistis, kita bisa lewati ini. Umat manusia sudah melewati pandemi berkali-kali, ini bukan pertama kali dihadapi oleh umat manusia. Dengan adanya kemajuan teknologi, apalagi kemampuan kita untuk melakukan komunikasi luar biasa, maka insyaallah kita bisa tangani ini lebih baik," ungkap Anies dalam live streaming kumparan, Kamis (9/4/2020).

Disinggung terkait prediksi kapan virus corona di Jakarta berakhir, Anies mengaku tak mengetahuinya. Yang jelas, tantangan penanganan pandemi corona besar dan tidak gampang. Menurutnya, tantangan itu bisa teratasi jika semua pihak bekerja sama.

"Tapi harus kerja bersama itu prinsip yang nomor satu. Kemudian berapa lama kita enggak tahu. Tapi ya mau saya sampaikan semua tantangannya enggak kecil, mungkin bisa panjang artinya bisa lebih dari 2 mingguan jadi saya enggak mau memberikan info yang enggak akurat," terangnya.

Meski demikian, Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta selalu transparan dan faktual dalam memberikan informasi. Ia mengatakan, masalah proyeksi kasus corona di Jakarta sudah banyak ahli yang melakukan kajiannya.

"Dari awal kita selalu sampaikan Jakarta transparan, faktual sesuai kenyataan. Kemudian urgent ada unsur kecepatan. Jadi dalam kasus ini pun ada banyak proyeksi berapa kasus sesungguhnya tapi biarkanlah itu para ahli yang melakukan kajian itu," kata Anies.

Yang jelas, kata Anies, pihaknya terus berupaya mencegah dan menekan penularan virus di tengah masyarakat. Menurutnya, berbagai upaya terus dilakukan untuk menjaga masyarakat yang belum tertular terjaga dari virus.

"Bagian kami adalah bagian bekerja untuk menghentikan penularannya, mengobati mereka yang tertular dan mengisolasi yang punya potensi menularkan dan mereka yang punya risiko tinggi bila tertular. Jadi kita bekerja untuk mengamankan warga, rakyat di Jakarta," tegasnya.

Saat ditanya soal PSBB 14 hari apakah nanti akan diperpanjang jika ternyata wabah covid-19 belum juga reda?

"Jadi gini ya, kita sih berharap dalam 2 minggu angkanya stabil. Jadi janganlah baru mulai kita bicara perpanjangan. Tentu secara aturan boleh diperpanjang. Sebagai harapan kita tidak ingin diperpanjang, kita inginnya bisa berkegiatan normal lagi. Insya Allah kita bisa segera kembali normal, tapi itu bisa terjadi kalau kita semua bisa disiplin," ujar Anies.

[Simak Selengkapnya Video Anies - Kumparan]
loading...