UHAMKA Akan Buka Program Studi Khusus MANAJEMEN MASJID Sesuai Konsep Rasulullah SAW

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan (kiri) dan Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro (kanan)

[PORTAL-ISLAM.ID] Jakarta – Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Prof. Gunawan Suryoputro, didampingi oleh Wakil Rektor I Prof. Abd. Rahman A. Ghani, SH, M. Pd, Wakil Rektor III Dr. Lelly Qodariah, M. Pd, Sekretaris Universitas Emaridial Ulza, SE.,MA dan kepala-kepala Biro Selasa (03/03/2020) menerima kunjungan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE di ruang rapat I Rektorat Lanta IV Jakarta Timur.

Dalam kunjungan ini Walikota Bengkulu membahas mengenai pentingnya masjid untuk terus diberdayakan ditengah masyarakat yang sudah maju. "Jangan sampai masjid sepi karena padatnya kehidupan yang sudah maju, dan ini harus terus kita berdayakan," ujar adik kandung dari Ketua Umum DPP PAN ini.

Menanggapi hal tersebut Rektor UHAMKA Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan kesan  yang mendalam atas inovasi dan keinginan Walikota untuk bekerjasama dengan UHAMKA.

“Pak Walikota terima kasih sudah berkunjung ke kampus kami dan bercerita banyak tentang inovasi-inovasi yang mampu memberikan perubahan besar dan keberkahan untuk kita semua, maka dari itu  solusi yang tepat untuk mengembangan masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah namun dengan menawarkan solusi baru yakni harus ada pengelola masjid yang benar-benar professional dan harus memahami seperti apa dan untuk apa Masjid itu didirikan sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah,” kata Prof. Gunawan.

Ditambahkannya lagi, Rektor Uhamka ini mengatakan “ide inovasi untuk menggerakan Masjid ini merupakan hal yang harus di wujudkan dan sangat selaras dengan rencana Induk Uhamka untuk menjadi Prophetic Entrepreneurial University, nilai-nilai perjuangan Rasulullah dalam membangun peradaban dengan cara Shidiq, tabligh, Amanah dan Fathonah akan kita terapkan di Uhamka sehingga menghasilkan lulusan yang Unggul dalam Kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial dapat diwujudkan.”

Untuk menjawab semua tantangan tersebut, Rektor Uhamka memutuskan untuk membuat program studi Manajamen Masjid bekerjasama dengan Gubernur, Walikota dan Bupati se Indonesia yang diawali kerjasama dengan Walikota Bengkulu sebagai bentuk dukungan dan wujud nyata dakwah dalam mempersiapkan manusia yang berkualitas dalam melakukan pengelolaan masjid.

Program Studi Manajemen Masjid ini nanti akan menyiapkan menejer-menejer handal sesuai  yang mampu mengelola Masjid sesuai dengan apa yang sudah dilakukan Rasulullah seperti tempat berkumpul untuk membahas kepentingan umat, menjauhkan diri dari paham yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah dan bagaimana masjid menjadi tempat yang nyaman dalam melakukan kegiatan melebihi mal-mal dan tempat istirahat melebih hotel-hotel.

Maka dari itu, UHAMKA segera akan membentuk dua tim untuk menindaklanjuti program studi Manajemen Masjid. Tim pertama adalah tim untuk menyusun proposal pembentukan Program Studi Manajemen Masjid, dan tim kedua untuk menyusun kurikulum pada program tersebut.


Dalam kunjungan itu, bersama Walikota turut hadir Drs. Eko Agusrianto, M.Si. Kadis Kominfo Kota Bengkulu, Ir. Arif Gunadi Kepala DPPKAD, Fauzi indra rahendra, Kabag Protokol, Pemkot Bengkulu,  Nugroho Tri Putra, M.I.Kom, Kabid Pengelolaan IKP Dinas Kominfo Kota Bengkulu dan Nurlia Dewi, SH. MH, Kabag Hukum.[]

Baca juga :