Kapolda Perintahkan Anggota Latihan Penutupan Jalan Keluar Masuk Jakarta, Persiapan Lockdown?


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana memerintahkan kepada jajaran Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya membuat rencana pengamanan penutupan jalan akses keluar masuk wilayah Jakarta.

Hal tersebut menyikapi pandemik virus corona yang telah menyebar ke beberapa wilayah.

"Memerintahkan Kabagops membuat rencana penutupan jalan atau alih arus kendaraan yang akan keluar masuk ke Jakarta," bunyi surat telegram Kapolda tertanggal Sabtu (28/3/2020).

Dalam surat telegram bernomor STR/414/III/OPS.2/2020, rencana pengamanan jalur yang akan ditutup yakni jalan arteri hingga jalan desa, kampung, atau jalan kecil yang digunakan sebagai akses keluar masuk Jakarta yang dilakukan Polri bersama TNI.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan, TR tersebut untuk meminta data di masing-masing wilayah berkenaan dengan rencana pengamanan.

"Sekarang situasi Jakarta masih social distancing, physical distancing. Tidak ada karantina wilayah atau lockdown. Tapi kita harus tetap latihan. Apapun yang terjad, kami sudah latihan," kata Kombes Yusri saat dikonfirmasi, Minggu (29/3).

Sejauh ini, ia kembali memastikan Jakarta belum menerapkan karantina wilayah. Hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah, bukan ranah Polri.

"Tapi kalau pemerintah mau laksanakan (lockdown) silakan, kami sudah latihan. Kami harus latihan dulu, tidak bisa lockdown," tegasnya.

"Jadi besok-besok apapun yang terjadi sudah siap latihan," tandasnya. [RMOL]

loading...