Jokowi Wajib Tiru Anies Yang Pentingkan Keselamatan Warganya Dari Corona


[PORTAL-ISLAM.ID] Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menunda perhelatan ajang balap mobil Formula E. Hal itu dilakukan lantaran penyebaran virus Corona makin meluas.

"Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/3) kemarin.

Langkah Anies ini dipuji banyak kalangan. Salah satunya mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta Taufiqurrahman.

"Itu langkah yang tepat. Jangan juga Gubernur menggadaikan keselamatan warga dengan kepentingan ekonomi," kata Taufiqurrahman saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (12/3/2020).

Menurutnya, langkah Anies menangani penyebaran virus Corona sudah tepat dengan membentuk protokol, tim pencegahan, serta melakukan sosialisasi dan update situasi harian pada publik.

Politisi Demokrat ini menegaskan, sudah sepantasnya fokus Pemerintah hari ini terhadap penanganan epidemi Covid-19, mengingat Organisasi Kesehatan Dunia, The World Health Organization atau WHO juga sudah menetapkan Covid-19 sebagai epidemi global.

Apa yang dilakukan Anies tersebut, lanjutnya, patut diikuti kepala daerah lain dan Presiden Joko Widodo.

Langkah cepat dan tepat perlu segera dilaksanakan agar penyebaran virus mematikan asal Wuhan, China itu bisa diminimalisir.

"Jangan seperti pemerintah pusat yang justru seperti meremehkan situasi, dan terkesan menutup-nutupi dengan tidak transparan terhadap situasi sebenarnya pada kasus ini," jelasnya.

"Tidak ada (added) value sebesar apapun yang bisa menggantikan nyawa rakyatnya. Sense itu yang perlu dimiliki oleh Pemerintah Pusat, sehingga penanganan Corona jangan setengah-setengah dikalahkan dengan perekonomian," pungkasnya. [RMOL]

loading...