Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Puji Langkah Jitu Anies Baswedan

Sekretaris Jenderal IAKMI Husein Habsy (tengah). (FOTO ANTARA)

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Penyebaran virus corona kian mengkhawatirkan. Bahkan penyebaran virus yang dimulai dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, kini telah masuk ke Indonesia. Atas dasar hal itu, kewaspadaan pun harus ditingkatkan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun sigap membentuk Tim Tanggap Covid-19 yang akan melakukan pemantauan dan pengawasan penyebaran virus corona.

Langkah Anies ini pun dipuji oleh banyak kalangan. Salah satunya adalah Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI).

"(Langkah Gubernur) sangat bagus. Artinya itu kan sebuah respons koordinasi ya. Respons pemerintah dalam situasi sekarang ini," ungkap Sekjen PP IAKMI, Husein Habsy, saat ditemui seusai melakukan diskusi tentang virus corona di Gedung Mochtar, Komplek Mikrobiologi FKUI, Jalan Pegangsaan Timur, Selasa (3/3/2020).

"Artinya jika tim itu terbentuk dengan baik, bergerak dengan tupoksi masing-masing, ya itu bagus. Semakin cepat (ditangani) maka semakin bagus," sambungnya.

Bahkan Husein menyatakan IAKMI siap membantu Pemprov DKI melalui peran dan kapasitasnya jika diminta untuk terlibat dalam aktivitas strategis ini. Paling tidak, lanjutnya, dapat memberikan saran atas pola kebijakan yang bisa diterapkan.

Tak hanya itu, IAKMI juga mengapresiasi langkah dan strategi Pemprov DKI Jakarta yang berniat menjemput pasien yang memiliki gejala corona ke rumahnya masing-masing.

Hal itu, menurut IAKMI, merupakan langkah cerdas sekaligus kreatif. Karena dengan menjemput pasien yang memiliki gejala corona dapat mengurangi potensi penularan.

"Langkah Pemprov sebuah kreativitas saya rasa. Artinya ini tanggap cepat. Mungkin pertimbangannya kalau dijemput itu akan jauh membantu seseorang. Kalau punya tim dan kemampuan kenapa tidak?" pungkasnya. [RMOL]

loading...