UYM Menipu Umat???


UYM Menipu Umat?

Sabtu 22 Februari 2020, saya mengikuti acara bedah buku yang diadakan di Masjid al-Fajr, Cijagra, kota Bandung. Judul acara yang cukup seksi "Ada apa dengan Yusuf Mansur?" Judul yang mampu menarik jama'ah hingga memenuhi masjid dua lantai ini.

Buku ini berjudul "Yusuf Mansur Obong" ditulis oleh H.M. Joesoef, seorang jurnalis senior sebuah media, beliau sebagai pembicara yang ditemani oleh pak Darso Arief yang juga seorang jurnalis yang telah banyak menulis tentang kontroversi dari UYM. Adapun pembicara ketiga adalah KH. Athian Ali, Ulama senior kota Bandung.

"Saya sedang dalam perjalanan untuk menyadarkan dia (UYM)" Jelas pak Joesoef yang sudah mengenal UYM sejak 20 tahun lalu. "Misi buku ini adalah nahi munkar" Beliau memperjelas tujuan hadirnya buku ini.

Awal-awal acara, jama'ah sudah dikagetkan dengan beberapa fakta terkait UYM. Saya juga geleng-geleng kepala mendengarnya.

"Bisnis-bisnis UYM tidak ada hubungannya dengan Islam. Tidak satu pun. Dan hampir semuanya berakhir tidak baik" Pak Darso Arief menjelaskan hasil investigasinya selama ini.

Lebih sadis lagi Pak Darso menyebutkan bahwa UYM banyak menipu orang dalam bisnis, investasi ataupun sedekah.

Penjabaran demi penjabaran membuat saya yang menyimak ini bertanya. Kenapa bisa hal ini terjadi? Jawaban itu saya dapat selepas acara, saat perbincangan dengan KH. Athian Ali saya bertanya kenapa ini bisa terjadi? Kenapa banyak tokoh umat seperti ini?

"Hubbuddunya" Cinta dunia. Itu poin dari penjelasan beliau.

"Berhentilah sedekah demi kenikmatan duniawi. Ikhlaskan ibadah hanya untuk Allah" Kalimat tegas yang KH. Athian sampaikan. "Perniagaan dengan Allah itu adalah menjual dunia untuk akhirat, bukan sebaliknya".

Masih penasaran, selepas acara saya berkesempatan ngobrol langsung dengan pak HM.Joesoef dan pak Darso Arif. Saya bertanya beberapa soal. Dan jawaban yang diberikan mengagetkan saya. UYM itu pembohong, menipu umat. Laa haula walaa quwwata illa billah.

Oleh: Fadjar Jaganegara

*dari fb penulis

UYM Menipu Umat? Sabtu 22 Februari, saya mengikuti acara bedah buku yang diadakan di Masjid al-Fajr, Cijagra, kota...
Dikirim oleh Fadjar Jaganegara pada Senin, 24 Februari 2020