Survey Gallup: Erdogan Pemimpin Muslim Paling Populer di Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebuah survey internasional menunjukkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan adalah pemimpin Muslim paling populer di dunia.

Indeks popularitas tahunan para pemimpin politik dunia itu dirilis oleh lembaga survey Gallup International pada Kamis (13/2/2020).

Menurut survey tersebut, Erdogan satu-satunya pemimpin negara muslim yang masuk daftar 5 besar sekaligus membuat Erdogan setara dengan pemimpin dunia lain yang memimpin negara super kuat.

Indeks itu menunjukkan Kanselir Jerman Angelina Merkel memimpin dengan 46 persen, disusul oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dengan 40 persen, Presiden Rusia Vladimir Putin dengan 36 persen, Presiden AS Donald Trump dengan 31 persen dan Recep Tayyip Erdogan dengan 30 persen.

Erdogan berbagi peringkat dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang juga memperoleh popularitas sebanyak 30 persen.

Di dunia Muslim, Erdogan berada di posisi teratas dengan 30 persen, disusul oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dengan 25 persen dan Presiden Iran Hassan Rouhani dengan 21 persen.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

___
*NB: Sekedar informasi, lembaga survei Gallup adalah lembaga independen yang sangat kredibel dan tidak pernah melakukan survei pesanan sejak lembaga ini didirikan oleh George Gallup tahun 1977.

Beda dengan survei pesanan yang pernah menempatkan Mr. X sebagai presiden populer di dunia, lembaga yang dipakai adalah lembaga abal abal.

Gallup saat ini masih menjadi lembaga survei dunia nomor satu. Dan merupakan rujukan utama lembaga survei politik lain di seluruh dunia.

Baca juga :