Survei Median: Prabowo, Anies, Sandi Kuasai Bursa Capres 2024


[PORTAL-ISLAM.ID]  Media Survei Nasional (Median) mencatat Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno menempati posisi tiga teratas sebagai calon presiden 2024 mendatang. Ketiganya mengalahkan popularitas dan elektabilitas 20 kandidat capres lain dari unsur kepala daerah, menteri, dan kepala lembaga negara.

Tingkat elektabilitas tertutup Prabowo Subianto tertinggi ketimbang kandidat capres lain. Elektabilitas tertutup adalah metode pertanyaan dengan menyertakan kandidat-kandidat yang telah dipilih.

"Tingkat popularitas Prabowo Subianto 93,6 persen. Sedangkan tingkat elektabilitas tertutupnya 18,8 persen," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun saat diskusi 'Kuda Hitam Capres 2024 dan Persepsi Publik atas Dinamika Sosial Politik Pasca 100 Hari Jokowi - Ma'ruf' di kawasan Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020.

"Empat besar alasan publik memilih Prabowo antara lain tegas, berwibawa, berani dan mampu memimpin," tutur Rico.

Di bawah Prabowo, Rico mengungkapkan empat besar nama kandidat calon presiden 2024 terkuat adalah Anies Baswedan dengan tingkat elektabilitas tertutup (15,8 persen); Sandiaga Uno (9,6 persen); Agus Harimurti Yudhoyono (8,3 persen); dan Ridwan Kamil (5,7 persen).

Rico mengungkapkan Anies mendapat banyak suara di generasi Z (17-25 tahun) dan generasi milenial (26-39 tahun).

"Tiga alasan publik memilih Anies adalah religius dan dekat dengan agama, cerdas dan pintar, serta tutur kata bagus," sambung Rico.

Sementara posisi ke-6 hingga 10 kandidat capres diisi oleh Ganjar Pranowo (5,5 persen); Khofifah Indar Parawansa (5,4 persen); Tri Rismaharini (3,3 persen); Mahfud MD (3,3 persen); dan Gatot Nurmantyo (1,6 persen).

Survei Median dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden dengan margin of error ± 2,8 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional, serta dilakukan pada pekan I-II Februari 2020. (CNN)