Sentil Erick Thohir, Roy Suryo: Kalau Ada Pansus Jiwasraya Akan Banyak yang 'Diare'


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pernyataan Menteri BUMN Erick Tohir yang menyebut pihak-pihak yang ngotot membentuk Panitia Khusus (Pansus) Jiwasraya "ketakutan boroknya terbongkar" dinilai aneh. Pasalnya, pembentukan Pansus Jiwasraya justru untuk membongkar pihak-pihak yang bermain di balik Jiwasrayagate.

Begitu ditegaskan Politisi Demokrat Roy Suryo saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

"Aneh, justru Pansus itu untuk membongkar semuanya," tegas Roy Suryo.

Karenanya, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini merasa heran dengan pernyataan Erick Tohir.

Roy Suryo menduga jika ada fraksi di DPR dan Kementerian berasumsi demikian maka masyarakat Indonesia akan berpikir sebaliknya.

"Jadi kalau ada Fraksi-fraksi atau Kementeriannya malah takut dengan Pansus justru ketahuan masyarakat," kata Roy Suryo.

Meskipun, pembentukan Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya hanya bersifat lokal dan melibatkan komisi terkait di DPR dalam hal ini Komisi III, IV, dan IX masih terbatas kewenangannya.

Berbeda halnya dengan Pansus yang sifatnya menyeluruh dan lintas Komisi di DPR untuk mengusut tuntas kasus Jiwasraya.

"Pansus bisa multidisiplin dan bahkan menyatakan angket, memanggil siapa saja yang terlibat. Serta waktunya panjang, tidak terbatas seperti Panja," jelasnya.

"Jelas kan? Kalau ada Pansus (Jiwasraya) maka akan banyak yang "Diare"," demikian Roy Suryo.

Sumber: RMOL
loading...