Pesimis Panja Jiwasraya, Demokrat: Pemerintah Punya Kepentingan


[PORTAL-ISLAM.ID] Pembentukan panitia kerja (Panja) kasus Jiwasraya yang kini dibentuk Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI DPR RI dinilai tak efektif.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto bahkan menilai pembentukan panja yang dianggap pemerintah lebih efektif dibanding Pansus Jiwasraya sebatas penilaian subyektif.

“Kenapa? Karena pemerintah punya kepentingan. Kalau melihat kepentingan DPR sebagai wakil rakyat, adanya tiga panja tidak terlalu efektif (karena) satu objek bahkan digelar bersifat tertutup,” kata Didik Mukrianto di Komplek Parlemen, Senayan, Jumat 14 Februari 2020.

Panja tertutup itu disayangkan Didik, lantaran banyak masyarakat yang menanti perkembangan kasus dugaan megakorupsi tersebut dibuka secara umum.

“Kalau kemudian panja ini sifatnya tertutup karena memang ada hubungannya dengan alasan penyidikan, ini tidak sesuai dengan keinginan kita,” paparnya.

Di sisi lain, ia menyadari bahwa langkah hukum yang dilakukan DPR RI melalui panja memiliki jangkauan yang terbatas, yakni hanya seputar legal action terhadap undang-undang dan tidak bisa menjangkau oknum-oknum yang berlindung di belakang Jiwasraya.

“Kalau saya bilang, Jiwasraya ini adalah white collar crime (kejahatan kerah putih),” tandasnya.

Sumber: RMOL