Imbas Larangan Arab Saudi, Calon Jamaah Umrah Diturunkan dari Pesawat, Semua Penerbangan Dibatalkan


[PORTAL-ISLAM.ID] Himpunan Pengusaha Haji Umrah mengungkapkan larangan umrah sementara yang diumumkan Arab Saudi langsung dirasakan dampaknya oleh para calon jamaah umroh dari Indonesia. Jamaah yang sudah ada di pesawat bahkan langsung diturunkan, sementara yang sudah tiba di Saudi tidak bisa turun dan langsung kembali ke Indonesia.

“Ya beberapa pesawat yang dijadwalkan lewat tengah hari Jakarta-Surabaya sudah datang ke bandara penumpangnya tidak bisa naik, yang sudah di dalam pesawat diturunkan kembali,” ucap Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Haji Umrah Mucharom saat dihubungi, Kamis (27/2/2020).

Dari informasi anggotanya, Mucharom menambahkan bagi penumpang yang sudah tiba di Arab Saudi pun juga ditolak. Baik itu di Jeddah maupun Madinah. “Yang sudah sampai di Abu Dhabi sekalipun dikembalikan ke Jakarta. Di Saudinya baik Madinah dan Jeddah menutup dengan alasan aturan tadi,” ucap Mucharom.

Informasi penolakan penerbangan ini dialami oleh Garuda Indonesia. Posisi pesawat yang sudah siap berangkat akhirnya batal karena tidak diperbolehkan.

“Umrah beberapa sudah berangkat GA980 berangkat dengan isi. Tapi ditolak. Tidak boleh berangkat. Ini perlu kita sikapi bersama-sama,” ucap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam konferensi pers di kantor Garuda Indonesia, Kamis (27/2/2020).

Kerajaan Arab Saudi merilis aturan penangguhan umrah pada Kamis (27/2/2020) dini hari waktu Indonesia. Kementerian Luar Negeri Arab Saudi melarang sementara warga negara asing untuk ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawai di Madinah.

Arab Saudi juga berhenti mengeluarkan visa wisata bagi wisatawan yang berasal dari negara-negara yang memiliki kasus virus Corona atau Covid-19. Tak hanya itu, Saudi pun turut mengimbau warganya untuk tidak berpergian sementara waktu ke negara-negara terpapar Covid-19. [tirto]

[Video - Laporan dari Calon Jamaah Umroh di Bandara Soetta per pukul 12.00 WIB hari ini Kamis 27/2/2020 penerbangan dicancel]

[Video - Pesan Aa Gym Menyikpai penutupan Umroh sementara]
loading...