Arab Saudi Menutup Sementara Jamaah Umroh Dari Luar Untuk Mencegah Wabah Corona


[PORTAL-ISLAM.ID] RIYADH - Untuk sementara waktu, muslimin luar Saudi tidak diizinkan untuk umroh dan ziarah masjid nabawi sebagai bentuk pencegahan tersebarnya virus corona. Visa turis pun ditutup juga untuk sementara.

Arab Saudi telah menangguhkan untuk sementara waktu untuk masuk ke negara itu bagi umat Islam yang ingin melakukan umrah karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona yang mematikan, media setempat melaporkan Kamis (27/2/2020).

Mengutip Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, situs Arab News melaporkan bahwa penangguhan tersebut juga berlaku bagi mereka yang ingin mengunjungi (ziarah) Masjid Nabawi di Madinah.

Virus corona, yang secara resmi dikenal sebagai COVID-19, telah membunyikan alarm global, dengan China, pusat penyebaran wabah, melaporkan lebih dari 2.700 kematian dan para pakar kesehatan bergulat untuk menemukan obatnya.

Di luar daratan Cina, virus telah menyebar ke lebih dari 30 negara, termasuk AS, Inggris, Singapura, Prancis, Rusia, Spanyol, Iran, Kuwait.

Sudah ada belasan warga Kuwait yang terjangkit virus ini. Kuwait merupakan tetangga terdekat Saudi.

Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan internasional.

***

SURAT EDARAN KEMENTERIAN HAJI DAN UMROH SAUDI

Ministry Circular:

Peace, mercy and blessings of God,

According to the instructions received by the Ministry of Hajj and Umrah regarding the precautionary measures taken by the Kingdom to prevent the arrival of the new Corona virus, and within several precautionary measures, the entry of non-Saudis to the Kingdom for the purposes of Umrah and visit has been suspended and the issuance of visas has been suspended temporarily.
The Ministry also confirms the companies, Umrah companies and external agents canceling any future reservations from its history until further notice

Kindly accept the greeting and appreciation,

Undersecretary of the Ministry of Hajj and Umrah for Umrah Affairs
Dr.  Abdulaziz bin Abdul Rahim

[Berdasar instruksi yang diterima oleh Kementerian Haji dan Umrah mengenai tindakan pencegahan yang dilakukan oleh Kerajaan untuk mencegah kedatangan virus Corona baru, dan dalam beberapa langkah pencegahan, masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan untuk tujuan Umrah dan kunjungan telah ditangguhkan dan penerbitan visa telah ditangguhkan sementara.

Kementerian juga mengkonfirmasi perusahaan, perusahaan Umrah dan agen eksternal membatalkan pemesanan di masa depan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah
Dr. Abdulaziz bin Abdul Rahim


Sumber: https://arab.news/pu669

Baca juga :