Riza Patria, Wajah Lama Calon Wagub Jakarta, Pernah Gagal Saat Jadi Cawagub DKI 2012


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria ditunjuk menjadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Nurmansyah Lubis dari PKS. Dua nama cawagub DKI ini sudah diserahkan ke Gubernur DKI Anies Baswedan dan selanjutnya akan dipilih oleh DPRD DKI Jakarta yang direncanakan awal Februari mendatang.

Riza Patria bukan orang baru jika dikaitkan dengan posisi pemimpin pemerintah di DKI Jakarta. Dia pernah ikut Pilkada DKI Jakarta pada 2012 silam melawan pasangan Jokowi-Ahok dan empat pasangan calon lainnya.


Kala itu, Riza menjadi calon wakil gubernur mendampingi cagub Hendardji Soepandji. Mereka tidak diusung parpol, melainkan independen.

Pilkada 2012 sendiri diikuti oleh 6 pasang calon: (1) Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, (2) Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria, (3) Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama, (4) Hidayat Nur Wahid-Didik Rachbini, (5) Faisal Basri-Biem Benyamin, dan (6) Alex Noerdin-Nono Sampono.

Pasangan Hendardji-Riza hanya memperoleh 85.990 suara atau cuma 1,98%.

Otomatis, dia tidak ikut dalam putaran kedua. Jokowi-Ahok lalu dinyatakan memenangkan Pilkada atas Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli di putaran kedua.

Karir Politik

Riza lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969. Terlahir sebagai putra KH. Amidhan Shaberah, seorang ulama yang pernah menjabat sebagai Ketua MUI Bidang Produk Halal.

Masa menuntut ilmu di sekolah dihabiskan Riza di Jakarta. Mulai dari SD Negeri 08 Kedaung Kaliangke, Jakarta hingga bersekolah di SMP dan SMA di Al-Azhar, Jakarta.

Dia lalu memperoleh gelar sarjana Teknik Sipil di Institut Sains & Teknologi Nasional dari 1989 hingga 1997. Gelar master bidang Administrasi Bisnis diperolehnya di ITB pada 2008.

Ahmad Riza Patria menjadi anggota DPR RI dua periode dari Partai Gerindra. Pada periode 2014-2019 lolos ke DPR RI dari Dapil Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bogor. Riza kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR-RI.  Lalu terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI Periode 2019-2024 melalui Partai Gerindra setelah memperoleh 54.528 suara dari dapil Jawa Barat III yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Riza juga dikenal pandai berdebat. Pada Pilpres 2019, Riza termasuk orang yang ditunjuk Prabowo Subianto sebagai juru debat. Wajar jika Riza kerap muncul dalam siaran televisi beradu argumen dengan politikus pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

APAKAH AKHIRNYA RIZA PATRIA YANG AKAN TERPILIH SEBAGAI WAGUB DKI MENGGANTIKAN SANDIAGA UNO MENDAMPINGI GUBERNUR ANIES?

ATAU CALON DARI PKS NURMANSYAH LUBIS?

Baca juga :