Kasus Jiwasraya, Sandiaga: Lakukan Audit Forensik Dan Segera Tutup Bolongnya


[PORTAL-ISLAM.ID]  Politikus Partai Gerindra, Sandiaga Uno, menyarankan pemerintah segera menggelar audit forensik. Audit ini dinilai bisa menjadi salah satu solusi bagi negara untuk segera mengetahui duduk permasalahan yang terjadi di tubuh perseroan. Utamanya saat ini pemerintah tengah mengusut kasus Jiwasraya dan Asabri.

Sandiaga mengakui ia sudah menyarankan hal tersebut kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

"Harus ada sanksi tegas dan pendekatan dengan audit forensik. Saya sudah sarankan kepada Pak Erick," ujar Sandiaga dalam sebuah acara, Sabtu 18 Januari 2020.

Sandiaga menyebut, persoalan Jiwasraya dan Asabri seumpama tak segera diselesaikan, akan berdampak sistemik dan menjalar ke sektor-sektor lainnya.

"Harus bergerak cepat karena sektor keuangan punya risiko tingkat tinggi," ucap Sandiaga.

Sandiaga juga meminta Erick Thohir untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan asuransi pelat merah ke depannya akan berinvestasi di perusahaan yang likuid. Ia menyarankan pemerintah mengawasi ketat agar tak terjadi celah pihak-pihak tertentu untuk memainkan saham gorengan.

"Tutup bolongnya dan ambil kebijakan untuk nasabah agar mereka tidak merasa dirugikan," saran Sandiaga.

Kasus Jiwasraya bermula dari laporan pengaduan masyarakat. Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pun mengendus adanya dugaan tindak pidana korupsi sejak 2014 sampai 2018. Sedangkan untuk kasus Asabri, diduga terjadi tindak rasuah di perseroan itu dengan nilai Rp 10 triliun.

Sumber: RMOL