Adhie M: Benny Tjokro "Taipan Geng Solo Raya" Tersangka Skandal Korupsi Jiwasraya, Selama Ini Tak Ada Yang Berani Sentuh


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kejaksaan Agung menetapkan Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro sebagai tersangka kasus skandal korupsi asuransi pelat merah, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Selasa (14/1/2020).

Benny Tjokro menjadi salah satu dari lima orang tersangka dalam kasus Jiwasraya yang merugikan negara lebih Rp 13,7 Triliun.

Benny Tjokro terlihat mengenakan rompi tahanan warna merah muda saat keluar dari Gedung Bundar Kejagung usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

Mantan Jubir Presiden Gus Dur, Adhie Massardi menyebut Benny Tjokro sebagai "Taipan Geng Solo Raya" yang selama ini tak ada yang berani "menyentuhnya".

"GENG SOLO ● ketika @KPK_RI mencret2 di kantor PDIP, Kejagung bermanuver menakjubkan. Berani tahan Benny Tjokro, taipan Geng Solo Raya kaisar BursaSaham. Selama ini tak ada yg berani sentuh," kata Adhie Massardi (@AdhieMassardi) di akun twitternya, Kamis (16/1/2020).

Manuver keberanian Kejaksaan Agung ini patut diapresiasi.

"Tak usah tanya2 apa yg sdg terjadi di elite kita. Jika ada yg tangkap tikus, ya bagus!" kata Adhie Massardi.

Dilansir dari Bloomberg, selain memiliki Hanson International, Benny Tjokro juga merupakan petinggi di sejumlah perusahaan, antara lain PT Sinergi Megah Internusa Tbk dan PT Suba Indah Tbk.

Majalah Forbes mendapuk pria kelahiran Surakarta pada 15 Mei 1969 itu sebagai orang terkaya ke-43 di Indonesia pada 2018. Majalah bisnis itu menaksir kekayaannya mencapai 670 juta dollar AS atau sekitar Rp 9,3 Triliun.