Turki Berhasil Uji Coba Pesawat Tanpa Awak Canggih Buatan Dalam Negeri


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pesawat tanpa awak (drone) buatan Turki terbaru, dilengkapi dengan teknologi pintar, telah berhasil diuji di barat laut negara itu, kata produsen Baykar Makina yang berbasis di Istanbul, Jumat.

Baykar Makina mengatakan pesawat tak berawak bernama Bayraktar Akinci (Raider) berhasil melayang di udara selama 16 menit setelah bergerak lambat dan lepas landas, kantor berita Turki Anadolumelaporkan.

Pesawat ini juga berhasil meluncurkan pendaratan pertamanya di Komando Pangkalan Bandara Corlu di Provinsi Tekirdag.

Pesawat tanpa awak ini dioperasikan dengan dua mesin turbin,  dan dapat membawa hampir 1,5 ton muatan  dan terbang di ketinggian operasional di 40.000 kaki.

Drone Akıncı juga dapat tinggal di udara selama 24 jam. Platform ini dapat dikendalikan melalui satelit yang dikembangkan di dalam negeri.

Akıncı juga akan dilengkapi dengan pod dukungan elektronik, radar udara-ke-udara, sistem komunikasi satelit, radar penghalang-identifikasi, radar aperture sintetis dan radar meteorologi – semua dirancang dan dikembangkan di Turki. Platform ini akan beroperasi dengan berbagai konfigurasi amunisi, kutip Daily Sabah.

Tes pertama mesin pesawat dilakukan pada bulan September.

Sistem ini diharapkan dapat digunakan untuk tugas-tugas militer strategis.

Sumber: IndonesiaInside
Baca juga :