Presiden Erdogan Resmikan Masjid Cambridge, Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa


[PORTAL-ISLAM.ID]  LONDON - Di sela pertemuan tingkat tinggi negara-negara NATO yang berlangsung di London, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri dan meresmikan pembukaan masjid pusat di Cambridge, Inggris, Kamis (5/12/2019).

Seperti diwartakan Cambridge Independent, Erdogan diundang oleh Yusuf Islam atau yang sebelumnya dikenal sebagai Cat Stevens, salah satu penyanyi legendaris Inggris yang jadi mualaf dan pendakwah. Dia merupakan pengurus Masjid Pusat Cambridge.

Masjid Cambridge didanai oleh donasi lebih dari 10 ribu perusahaan publik dan swasta baik dari dalam dan luar negeri. Lembaga pemerintahan serta perusahaan swasta Turki menjadi donor utama bersama dengan Yayasan Nasional Qatar.

Ratusan orang telah diundang untuk menghadiri pembukaan masjid yang mampu menampung 1.000 jamaah. Otoritas Inggris lantas menutup akses kendaraan dan membatasi jalur pejalan kaki di sepanjang bagian Mill Road dan beberapa jalan disekitarnya.

Masjid Cambridge ini adalah masjid ramah lingkungan pertama di Eropa dan telah memenangkan penghargaan nasional untuk desain dan kontribusinya bagi masyarakat.

Baca juga :