Arlex Wu: Xinjiang dan Xiziang (Tibet) Wilayah Merdeka Yang Dicaplok China


By: @Arlex_Wu

1) Saya jelaskan sedikit, soal Uyghur ok sy sepakat itu bukan soal agama tapi soal kemanusiaan! Karena China memindas semua kebebasan agama disana juga.  Xinjiang (Uyghur) & Xiziang (Tibet) adalah 2 wilayah yabg dicaplok! Dan dimasukkan kedalam peta Tiongkok!

2) Dua wilayah itu punya sejarah panjang dan berbeda dengan China. Dan gak salah juga kalau dunia, mayoritas muslim meneriakkan penindasan muslim disana, kerena memang Xinjiang mayoritasnya muslim. Sama halnya juga dengan Buddha tantra yg meneriakkan pembebasan Tibet.

3) Pada era Dinasti Tang yang besar saja, Xinjiang & Xiziang hanya membayar upeti kepada Tang layaknya Korea dan kerajaan kecil lainnya. Artinya mereka itu wilayah merdeka yang tunduk, Tapi tidak dikuasai! Dalam film Jacky Chan, berperan sebagai Hoa An.. disana masih dapat terlihat gambaran lama..

4) Hoa An hanya menjaga perbatasan antar negara dan menciptakan perdamaian di jalur sutera yang isinya beragam etnis dan utusan kerajaan yang berdagang disana. Xinjiang dan Xiziang (Tibet) sangat menjanjikan karena merupakan rute akses jalur sutera! Tibet bisa tembus ke India dan Uyghur ke asia tengah sana.

5) Mao ketika revolusi budaya di Tiongkok, menekan habis2an wilayah2 xinjiang dan xiziang. Seolah china hadir karena ada keterikan sejarah pada kedua wilayah itu, yg kemudian secara militer dilakukan agresi untuk menduduki kedua tempat itu.

6) Hal itu yg membuat penyesalan Dalai Lama karena pernah mempercayai dan menghadiri undangan Mao ke ibukota, disaat yg sama kala Dalai Lama di ibukota, Tibet sudah diagresi militer.. yg kemudian sekembalinya Dalai Lama ke Tibet, kuil2 dihancurkan dan Dalai Lama hijrah ke India untuk tetap mengumandangkan kemerdekaan Tibet dan Tibet bukan bagian dari China.

7) Hal yang sama juga terjadi di Xinjiang Uyghur, pendudukan militer juga dilakukan, mereka yang melawan menghadapi kematian di penjara. Sayangnya Uyghur cukup lama tidak terekspos media.. sehingga seolah Uyghur diam dan China menciptakan gambaran indah kepada dunia seolah China hanya melakukan tugas membersihkan radikalisme di Uyghur!

8) Padahal faktanya adalah China sudah menduduki wilayah yang bukan miliknya! Yang kemudian dihapus dalam peta dunia dan menjadi bagian wilayah China.

9) Paham ya.. kenapa Xinjiang dan Xiziang (Tibet) disikat.. Jalur Sutera via darat menjanjikan.. ditambah jumlah manusianya Cina udah mau 1,1 Miliar, butuh perluasan..makanya sekarang sampai harus kasih utang dan kirim keluar negeri ke negara yg dikasih utang. Supaya negara mereka gak berat kasih makan manusia sebanyak itu.

10) Xiziang (Tibet) itu dulu dikenal sebagai Tanah Kaki Buddha, karena disana diatas letaknya perbukitan & batas Himalaya. Sedangkan Xinjiang (uyghur) dikenal sebagai Negeri malaikat, karena ada gurun pelangi.. sekarang dua itu dikenal sebagai Neraka Penindasan. Melawan = penjara = Mati.

(Dari twitter @Arlex_Wu 20/12/2019)

Baca juga: Dalai Lama Dukung Muslim Uighur

loading...