Peninggalan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pada hari pelantikan sebagai Khalifah Bani Abbasiyah yang dihadiri oleh para Pejabat tinggi Dinasti Abbasiyah, Khalifah Abu Jafar Almansur meminta salah satu Komandan Pasukannya untuk memberinya nasehat.

"Anda mau saya nasehati berdasarkan apa yang saya lihat (kesaksian langsung) atau saya dengar (kabar)?", kata Komandan itu.

"Apa yang kamu lihat".

"Wahai Amirul Mukminin, Khalifah Umayyah Umar Bin Abdul Aziz memiliki 11 orang anak, dan ketika meninggal dia hanya meninggalkan warisan 18 Dinar. 5 Dinar habis untuk biaya kafan, 4 Dinar untuk biaya pemakaman dan sisanya dibagi kepada anak-anaknya...

Khalifah Hisyam Bin Abdul Malik memiliki 11 anak, ketika dia meninggal, setiap anak mendapatkan warisan sebesar 1 juta Dinar...

Demi Allah wahai Amirul Mukminin, suatu hari aku melihat salah satu anak Umar Bin Abdul Aziz bersedekah 100 ekor kuda untuk berperang, dan pada hari yang sama aku juga melihat salah satu anak Hisyam Bin Abdul Malik mengemis di pasar!

Sebelum Umar Bin Abdul Aziz meninggal, ada yang bertanya apa yang ditinggalkan Umar kepada anak-anaknya?

Umar menjawab, "Kutinggalkan kepada mereka Taqwa pada Allah. Kalau mereka bertaqwa dan menjadi orang baik, maka Allah akan mengurusi mereka. Kalau mereka tidak bertaqwa dan tidak baik, aku tidak akan meninggalkan harta kepada mereka yang hanya akan digunakan untuk bermaksiat pada Allah!"

[Saief Alemdar]