Jokowi Belajar dari Film Cast Away untuk Atasi Ketidakpastian Global, Warganet: Bapak Ketahuan Gak Nonton Filmya!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Adalah menarik penyampaian Presiden Jokowi dalam sambutan pada pertemuan tahunan bank Indonesia 2019 di Raffles Hotel Jakarta, kamis 28 November 2019. Dikatakan menarik karena diungkap 3 langkah Indonesia menghadapi ketidak pastian ekonomi global dengan mencontohi 3 nilai dari film Cast Away yang diperankan Tom Hanks.

"Jokowi menilai ketidakpastian ekonomi global dapat dihadapi Indonesia dengan mencontohi tiga nilai dari Film Cast Away yang diperankan Tom Hanks" Tutur Jokowi yang dirilis katadata.com.

Jokowi mengakui bahwa saat ini dunia sementara terjadi ketidakpastian ekonomi global yang dapat berpengaruh buruk ke Indonesia. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi Indonesia perlu menerapkan 3 nilai yang dapat diadaptasi dari film Cast Away tersebut.

Saya memang bukan termasuk insan yang hobi menonton film. Penasaran dengan sambutan Presiden Jokowi diatas, mendorong saya ingin mengetahui apa dan bagaimana tentang film Cast Away serta 3 nilai yang boleh dipelajari dari tokoh pemeran Tom Hanks itu.

Cast Away adalah film drama petualangan romantis Amerika Serikat tahun 2000 yang disutradarai Robert Zemeckis dan diproduser oleh Tom hanks. Jack Repke, Steve Starkey dan Robert Zemeckis. Naskah film ini ditulis William Broyles Jr dan dibintangi Tom Hanks dan Helen Hunt.

Film ini ditayangkan perdana di Los Angeles pada 7 Desember 2000 dan dirilis di Amerika Serikat pada 22 Desember 2000 dan mendapatkan review positif dari para kritikus film.

Intinya film ini bercerita mengenai Chuck Noland yang terdampar sendirian di pulau tak berpenghuni akibat pesawat yang ditumpanginya jatuh. Chuck Noland yang diperankan Tom Hanks dapat bertahan hidup hingga 4 tahun di pulau tersebut.

Kisah menarik dan inspiratif film ini menjadi inspirasi Presiden Jokowi bagaimana Indonesia mengantisipasi situasi dunia yang dilanda ketidakpastian ekonomi global. Inspirasi ini menjadi motivasi Indonesia mengantisipasi dampak ketidakpastiaan itu agar belajar 3 nilai dalam film Cast Away.

Apa saja 3 nilai yang dapat dipelajari dari film Cast Away itu?

Pertama, kemampuan bertahan di tengah kesulitan yang menimpa. Kini Indonesia sudah mampu menunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang masih bertahan di kisaran 5 persen. Dibandingkan dengan negara lain yang pertumbuhan ekonominya melambat bahkan ada yang menjadi negatif. Artinya, kita masih dapat memperlihatkan kemampuan bertahan di tengah kesulitan.

Kedua, kemampuan Tom Hanks mencari sumber daya baru untuk bertahan hidup. Menurut Jokowi Indonesia dapat menerapkan nilai tersebut dengan melakukan hilirisasikomoditi ekspor seperti nikel, batubara dan minyak kelapa sawit mentah atau CPO. Pemerintah pun mendorong pengembangan 5 destinasi wisata prioritas yaitu Mandalika, Labuan Bajo Borobudur, Danau Toba dan Manado.

Ketiga, kemampuan untuk tetap bersikap optimis yang membuat Tom Hanks mampu bertahan sampai 4 tahun sendirian di sebuah pulau. menurut Jokowi jangan sampai ada pihak yang pesimistis saat ada tekanan ketidakpastian ekonomi global. Jokowi menilai sikap pesimistis tak akan mampu memecahkan masalah yang ada. Jangan ada istilah wait and see, kalau mau investasi, investasi saja. Karena kita akan perbaiki iklim investasi itu.

Lazimnya jurus yang digunakan Jokowi menggunakan langkah Kuda Alekhine dalam dunia catur, namun kali ini mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global Jokowi gunakan jurus pembelajaran dari sebuah film Cast Away yang diperankan Tom Hanks. Mungkin saja ini dipengaruhi adanya peran staf khusus kaum milenial yang kaya akan gagasan yang kreatif dan inovatif itu.

Setidaknya, 3 langkah yang diadaptasi dari tokoh Tom Hamks dalam film Cast Away perlu di apresiasi dan menjadi sikap bertahan hidup menghadapi dampak situasi dunia yang dilanda ketidakpastian ekonomi global.

Diharapkan ke 3 langkah ini dapat dipahami dengan semangat optimisme oleh semua pihak, semua elemen bangsa yang di jiwai dari semangat gotong royong dalam menuju tercapainya cita-cita luhur bangsa!

Semoga.

Sumber: Kompasiana

Menanggapi hal ini, warganet pun berkomentar.
loading...
Loading...