Baru Sepekan Disampaikan, Tiba-tiba Sri Mulyani Sebut "Desa Fiktif" Sudah Tidak Ada


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kabar ditemukan adanya desa tidak berpenghuni, tapi mendapat anggaran pemerintah muncul sepekan lalu dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Salah satu yang diduga sebagai desa fiktif seperti dikutip Tribunnews.com adalah tiga desa di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Desa tersebut adalah Desa Uepai dan Desa Morehe di Kecamatan Uepai, serta Desa Ulu Meraka di Kecamatan Onembute.

Desa fiktif lainnya adalah Desa Wonorejo di Kalimantan. Desa tersebut disebut menerima bantuan selama 2 tahun.

Namun, tiba-tiba kini Sri Mulyani menyatakan, desa-desa fiktif tersebut sudah tidak ada lagi di daerah.

"Iya sudah (hilang), sudah tidak ada," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Sri Mulyani menambahkan, pihaknya sebelumnya bersama beberapa kementerian terkait sudah melakukan pembahasan terkait laporan desa fiktif.

"Itu sudah membahas mengenai hal itu ya," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menemukan adanya desa yang tidak berpenghuni atau ia menyebutnya dengan fiktif.

Namun desa tersebut mendapat anggaran dari pemerintah melalui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Hal tersebut Sri Mulyani sampaikan pada rapat kerja evaluasi kinerja 2019 dan rencana kerja 2020 bersama Komisi XI DPR RI terkait tantangan dalam penyaluran dana desa.

Semakin memperkuat dugaan Sri Mulyani, desa tersebut memang tidak terdaftar sebelumnya, jadi bisa dikatakan tidak berpenghuni.

Tetapi, pelaku yang membuat adanya desa itu belum diketahui siapa orangnya.

"Karena adanya transfer ajeg dana desa, ada desa-desa baru tidak ada penduduknya, tapi ada transfer tiap tahun," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/11/2019), dikutip dari laman Tribunnews, Senin (4/11/2019).

Sri Mulyani Temukan 'Desa Fiktif' yang Tidak Berpenghuni, tapi Dapat Kucuran Anggaran Dana Desa
https://www.tribunnews.com/nasional/2019/11/05/sri-mulyani-temukan-desa-fiktif-yang-tidak-berpenghuni-tapi-dapat-kucuran-anggaran-dana-desa

Baca juga :