Anies: Masjid Apung Ancol akan Jadi Ikon Baru Jakarta


[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk segera membangun Masjid Apung di wilayah Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Pemancangan tiang Masjid Apung pertama di Jakarta dilakukan hari Sabtu (9/11/2019), dihadiri Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dan mantan Wakil Presiden Indonesia sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat, Jusuf Kalla.

Rika Lestari Departement Head Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) mengatakan, proses pembangunan Masjid Apung Ancol ini ditargetkan akan selesai tahun 2020 mendatang.

Masjid ini dibangun menjorok dari daratan. Masjid ini juga mempunya luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jemaah.

Bangunan masjid ini didesain berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam dan jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari.

Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur'an.

Kemudian, pada sisi luar masjid akan dibentuk enam buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

Dengan desain tersebut, Masjid Apung ini diharapkan jadi ikon baru dan sentral dari destinasi wisata di Jakarta dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembangunan Masjid Apung Ancol ini merupakan salah satu bentuk perwujudan wisata kultural di Jakarta. Melihat karakteristik masjid yang modern dan futuristik, Anies menganggap Masjid Apung dapat menghadirkan sensasi dan pengalaman baru bagi warga Jakarta saat beribadah.

“Selama ini kita tidak memiliki masjid besar di tempat hiburan seperti Ancol. Usianya 54 tahun Ancol. Karena itu kita bersyukur sekarang kita mulai membangun, mudah-mudahan tahun depan selesai,” kata Anies usai peresmian groundbreaking di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/11).

Jusuf Kalla merespon positif pembangunan Masjid Apung Ancol ini.

“Dalam keadaan berlibur pun kita tetap beribadah,” kata JK.

Selengkapny liputan iNewsTV:

loading...
Loading...