Pelari Muslimah Didiskualifikasi karena Memakai Hijab, Tagar #WeStandWithNoor Bergema


[PORTAL-ISLAM.ID]  OHIO - Seorang remaja Muslimah didiskualifikasi dalam lomba lari karena mengenakan hijab. Seperti dilansir HuffPost pada Jumat (25/10/2019), pelari itu ialah Noor Alexanderia Abukaram yang baru saja menyelesaikan kompetisi terhebatnya sejauh ini dalam lari 5K di distrik lokal pada akhir pekan lalu.

Di kejuaraan itu, Noor berhasil mencatatkan waktu terbaik, yakni 22 menit 22 detik. Namun ketika remaja berusia 16 tahun itu sampai di garis finis, ia tak melihat nama berikut catatan waktunya tercantum.

Saat Noor mencoba menanyakan hal itu, para pejabat kompetisi lari itu mengatakan Noor didiskualifikasi karena hijab yang dikenakannya telah melanggar kebijakan seragam yang ditetapkan. Waktu terbaiknya pun bahkan tak masuk dalam perhitungan.

Noor yang merupakan pelari lintas negara dari SMA Sylvanus Northview telah melalui kompetisi sebelumnya tanpa adanya masalah. Hingga kemudian saat memasuki lomba lintas negara Divisi 1 Barat Laut di bagian Timur Ohio pada Sabtu (19/10). “Sangat memalukan dan tak bisa dipercaya, ini tak pernah menimpa saya sebelumnya,” kata Noor dalam wawancara dengan HuffPost.

Noor pun diberi saran agar mendapatkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh Asosiasi Atletik Sekolah Tinggi Ohio (OHSAA) sehingga bisa berlomba. Meskipun Noor tak pernah dimintai hal itu dalam kompetisi sebelumnya. Noor mengenakan pakaian normal yakni dengan menggunakan legging hitam Nike, jersey tim, dan hijab untuk mematuhi syariat.

Sementara, seorang perwakilan OHSAA menyatakan bahwa pelari lintas negara diperbolehkan mengenakan hijab. Kendati demikian, pelari terlebih dulu harus mengurus surat pernyataan dari OSHAA.

“Siapapun yang mengenakan hijab atau siapa pun yang wajib mengenakan sesuatu sesuai agamanya, tak harus memperoleh surat pernyataan pengabaian untuk berlomba atau tidak berlomba sama sekali,” kata Noor menegaskan.

Di sosial media simpati meluas untuk Noor dengan tagar #WeStandWithNoor.


Muslim Student Athlete Disqualified From Race for Wearing Hijab
https://www.nytimes.com/2019/10/24/us/Ohio-hijab-runner.html
Baca juga :