Adian Napitupulu Tolak Jadi Menteri, Gue Gak Mampu


[PORTAL-ISLAM.ID]  Politikus PDIP Adian Napitupulu mengaku telah menolak tawaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi pos menteri. Adian merasa tidak mampu untuk menjalankan tugas sebagai menteri.

"Betul (menolak jadi menteri), karena gue tidak merasa punya talenta di situ," kata Adian di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Namun Adian tak menjelaskan dirinya sempat ditawari posisi menteri apa. Adian hanya mengatakan tak ingin memaksakan diri.

"Iya, kalau nggak mampu, ya nggak mampu saja, ngapain maksain diri," tambahnya.

Adian mengaku sudah menyampaikan ketidaksediaannya kepada Presiden Jokowi. Ia mengatakan tujuan hidup bukan sekadar mengejar posisi dan harta.

"Hidup enggak sekadar meraih jabatan dan harta, ada yang lebih tinggi dan harta daripada itu, dan menurut gue ada yang lebih penting," kata Adian. "Yaitu menjalankan tugas sebagai manusia."

Menurut Adian, Jokowi menatap tajam saat dia menyatakan menolak menjadi menteri. Dia berujar dalam pertemuan itu hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Saat didesak apakah sikapnya akan konsisten menolak, Adian bersikukuh pada pendiriannya itu.

"Kadang-kadang lu mah, gue udah bilang, dan enggak akan menarik kata-kata gue. Kenapa? Karena gue bukan Erick Thohir," kata Adian.

Pria berdarah Batak ini tidak mau dibandingkan dengan mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir yang tidak tegas pada prinsipnya.

"Kalau Erick Thohir kemarin bilang tidak, sekarang bilang iya. Kalau gue tidak ya tidak. Kenapa? Karena gue merasa lebih bermanfaat di luar. Ini kan bukan persoalan kepentingan kita, tapi kita harus tahu, kita bisa lebih bermanfaat di mana," ucap dia.

Rencananya hari ini, Senin pagi, 21 Oktober 2019, Jokowi akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahan jilid II.

Baca juga :