Wagub Jabar Kritik Keras Film 'The Santri': Tak Sesuai Kehidupan Pesantren dan Ajaran Islam


[PORTAL-ISLAM.ID] Film 'The Santri' menuai kritikan luas. Kali ini, datang dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang menilai film tersebut tak sesuai dengan kehidupan pesantren.

Uu mengaku sudah menyaksikan cuplikan film tersebut yang beredar luas di media sosial. Sejumlah adegan dalam film karya Livi Zheng tersebut tidak sesuai dengan tuntunan Islam seperti berpacaran dan adanya kedekatan fisik antara laki-laki dan perempuan.

"Saya melihat trailer film The Santri di YouTube, saya merasa keberatan," kata Uu kepada wartawan, Selasa (17/9/2019), seperti dilansir detikcom.

Ia mengaku memahami betul kehidupan dan aturan yang diterapkan pesantren pada umumnya. Salah satunya dalam hal membatasi pertemuan antar wanita dengan pria.

"Santri tidak seperti di film itu, pacaran, begitu dekat antara laki dan perempuan," kata Uu yang kini didaulat menjadi Panglima Santri Jabar itu.

Tak hanya itu, Uu juga menyoroti sikap toleransi dalam film tersebut yang menurutnya kebablasan. Uu khawatir adanya penilaian berbeda dari masyarakat awam tentang kehidupan santri.

"Kalau toleransi memberi makanan, itu hal biasa. Tapi tak usah santri masuk ke gereja. Itu kan murtad," ungkap dia.

Menurutnya santri merupakan calon ulama sehingga harus menjalani kehidupan yang benar-benar sesuai dengan tuntunan Islam. Meskipun tidak semua orang yang pernah mengenyam pendidikan pesantren bisa disebut santri.

"Santri adalah mereka yang mempelajari 12 ilmu pesantren seperti nahu, sorof, tauhid, fiqih, dan tasawuf. Sekalipun di pesantren, kalau tidak belajar itu, bukan santri," tutur dia.

Mantan Bupati Tasikmalaya itu berharap film itu tidak ditayangkan ke masyarakat kalau tak ada perbaikan dalam beberapa jalan ceritanya."Saya berharap film itu tidak tayang. Kalau tayang, judulnya jangan santri," ujar Uu

Film The Santri dibintangi sejumlah artis muda seperti Gus Azmi dan Wirda Mansur, putri da'i kondang Yusuf Mansur. Film ini rencananya mulai ditayangkan di bioskop pada 22 Oktober mendatang bertepatan dengan peringatan Hari Santri. [detikcom]

(Baca: Film 'The Santri', Menampar Yusuf Mansur !!)

[Video]
Baca juga :