NAHLOH! Menko Puan dan BPS Beda Data Soal Penduduk Miskin, Warganet: Jadi Berapa Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia?

Pic. From Twitter @ferizandra

[PORTAL-ISLAM.ID] Pernyataan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengenai iuran BPJS menjadi perbincangan warganet.

Dalam berita yang dilansir oleh Detik Jumat 6 September 2019, Puan meminta masyarakat tak perlu khawatir terhadap rencana pemerintah menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Sebab, kenaikan itu bukan untuk warga miskin Penerima Bantuan Iuran (PBI), tapi untuk peserta mandiri.

"Untuk PBI, rakyat yang ditanggung oleh negara itu tetap kita tanggung. Ada 96,8 juta dan yang lain-lain jadi hampir 120 juta warga miskin itu masih ditanggung negara," kata Puan dalam keterangannya seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat 6 September 2019.

Sedangakan dalam berita yang dilansir oleh KOMPAS, Juli 2019 silam, mengatakan bahwa penduduk miskin di Indonesia hanya berjumlah 25,14 juta jiwa.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah penduduk miskin di Indonesia pada Maret 2019 berjumlah 25,14 juta jiwa atau 9,41 persen.

"Presentase kemiskinan di perkotaan turun dari 6,89 persen menjadi 6,69 persen. Sementara di perdesaan turun dari 13,10 persen menjadi 12,85 persen," ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin 15 Juli 2019.

Menanggapi simpang siurnya data penduduk miskin di Indonesia, warganet pun berkomentar.
loading...
Loading...